Teten Masduki Nilai Kesenian Domba Garut Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Teten Masduki Nilai Kesenian Domba Garut Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Garut, LINews – Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) RI Teten Masduki mengapresiasi inisiatif dibangkitkannya kembali seni ketangkasan Domba Garut yang sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. Selain melestarikan budaya, Teten menilai penyelenggaraan seni ketangkasan Domba Garut berdampak pada ekonomi masyarakat.

“Penyelenggaraan kontes seperti ini sangat bagus karena bisa memulihkan genetik domba garut. Tak hanya itu, kegiatan seperti ini juga bisa mendongkrak perekononian warga, termasuk para petani domba,” kata Teten usai penutupan Seni Ketangkasan Domba Garut Kapolres Cup 2022 di Pamidangan PLP, Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Minggu (16/10/2022).

Ia menambahkan, ajang kesenian domba tangkas kerap dimanfaatkan para penghobi domba Garut sebagai tempat berburu, karena mereka bisa melihat secara langsung kehebatan dombanya. Hal ini, kata dia, merupakan keuntungan bagi para petani Domba Garut karena jika domba mereka menang, tentu harganya akan naik beberapa kali lipat.

Kegiatan kontes domba di Garut ini juga menggandeng para pelaku IKM serta UKM, sehingga daya dongkrak perekonomiannya pun akan semakin tinggi. Ia mengatakan keberadaan para UKM selama ini telah terbukti mampu menopang perekonomian Indonesia.

Kapolres Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono, menyampaikan rasa syukurnya karena bisa menyelenggarakan kegiatan Seni Ketangkasan Domba Garut Kapolres Cup 2022 yang sudah begitu lama dinanti-nantikan masyarakat. Kegiatan seperti ini telah kurang lebih selama dua tahun tak bisa diselenggarakan akibat pandemi Covid-19.

“Ternyata antusias masyarakat sangat tinggi, dan jumlah pesertanya pun sungguh diluar dugaan kami karena mencapai ribuan,” ujar AKBP Wirdhanto Hadcaksono.

(Red/Yp)