Pangkostrad Sambut Kunjungan Commander Forces Command Australian Army

Pangkostrad Sambut Kunjungan Commander Forces Command Australian Army

Jakarta, LINews – Commander Forces Command Australian Army Major General Matthew Pearse mengunjungi Markas Kostrad di Gambir, Jakarta Pusat. Kedatangannya disambut Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak.

Dalam keterangan tertulis Kapen Kostrad Kolonel Inf Agus Soeprianto, Jumat (21/10/2022), kunjungan kehormatan atau courtesy call ini digelar pada Kamis (20/10/2022). Maruli memberi ucapan selamat datang, dan mengaku bangga dikunjungi Matthew dan rombongannya.

“Kostrad tidak hanya melakukan tugas pokok saja dalam tugas operasi militer perang, kita juga berpartisipasi dalam tugas OMSP (Operasi Militer Selain Perang). Seperti halnya saat ini kita ikut berperan serta dalam upaya membantu program pemerintah mengatasi krisis air bersih, hal ini sejalan dengan program dari TNI Angkatan Darat yaitu TNI Manunggal Air,” kata Maruli.

Maruli juga memaparkan Kostrad memiliki tiga Divisi Infanteri kepada Matthew. Divisi Infanteri 1 bermarkas di Cilodong, Divisi Infanteri 2 di Singosari Malang dan Markas Divisi Infanteri 3 berada di Pakatto. Kembali ke soal ‘TNI Manunggal Air’, Maruli menyebut Kostrad banyak membantu masyarakat di homebase, maupun daerah operasi untuk mendapatkan akses air bersih.

Maruli menerangkan cara mencukupi kebutuhan air itu salah satunya dengan membuat pompa-pompa hidrolik kemudian menggunakan metode penyaluran air bersih yang memanfaatkan air gravitasi, tanpa menggunakan listrik maupun dengan memanfaatkan teknologi sumur bor.

“Terkait Pelaksanaan tugas di wilayah Papua, selain dengan operasi tempur maka satuan Kostrad dalam upaya mencapai keberhasilan tugas tersebut juga dilaksanakan dengan pendekatan kesejahteraan, pendekatan ekonomi, pendekatan agama maupun pendekatan sosial budaya dalam rangka untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat,” tambah Maruli.

Terkait hubungan dengan militer Australia, Maruli menyebut kerja sama pertahanan bilateral yang terjalin selama ini sangat baik. Seperti halnya saat ini sedang dilaksanakan Latma WIRRAJAYA AUSINDO di Puslatpur Kodiklatad Baturaja pada Tanggal 10 sampai 23 Oktober 2022.

Latihan tersebut diikuti 181 orang prajurit Kostrad dan 96 orang AD Australia.

“Saya berharap kerja sama antara TNI AD khususnya Kostrad dengan AD Australia akan terus berlanjut dan berkembang pada kegiatan lainnya, sehingga dapat meningkatkan profesionalisme para prajurit kedua angkatan darat,” pungkas Pangkostrad.

Pada kesempataan yang sama Matthew mengatakan dirinya merasa terhormat dan bangga bisa berkunjung ke Markas Kostrad.

(Adrian)