Menko PMK Minta Kapolri Usut Tuntas Kasus Gagal Ginjal Akut

Menko PMK Minta Kapolri Usut Tuntas Kasus Gagal Ginjal Akut

Bogor, LINews – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk mengusut kasus penyakit gagal ginjal akut. Hal itu untuk memastikan ada tidaknya tindak pidana terkait kasus tersebut.

“Tadi malam saya terus langsung telepon ke Pak Kapolri supaya kasus gagal ginjal akut ini diusut. Untuk ditelaah kemungkinan ada tidaknya tindak pidana,” kata Muhadjir di Kota Bogor, Sabtu (22/10/2022).

BACA JUGA: Pemkot Bogor Bakal Bongkar Bangunan Tak Berizin

Muhadjir menilai, berdasarkan data sementara bahwa adanya bahan baku impor yang dinilai mencurigakan perlu diusut tuntas terkait data tersebut.

“Ini harus kita lakukan karena berdasarkan data awal, ini adalah bahan baku impor dari sebuah negara yang sekarang negaranya justru tidak kena. Tetapi kenapa justru negara yang mengimpor kok kena,” ujarnya.

Sejauh ini, terdapat tiga negara yang terkena gagal ginjal akut salah satunya Indonesia. Di Indonesia, sudah ada seratusan lebih yang meninggal dunia.

“Kita minta telisik sampai di bagian yang paling hulu, dari mana asal bahan baku itu, bagaimana prosesnya masuk ke Indonesia,” katanya.

Hal ini sangat penting dilakukan karena yang terdampak adalah anak-anak di bawah umur. Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk sementara waktu tidak menggunakan obat sirup apapun.

“Bagi kita ini sangat penting, karena yang terdampak adalah anak di bawah umur rata-rata 10 tahun ke bawah. Ini adalah SDM masa depan yang sangat berharga,” tuturnya.

(Sim)