KTT OKI Digelar di Bandung Selasa dan Rabu

KTT OKI Digelar di Bandung Selasa dan Rabu

Bandung, LINews – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja sama Islam (OKI) digelar di Kota Bandung, Selasa dan Rabu (25-26/10/2022). Sejumlah ruas jalan akan ditutup dan polisi melakukan pengalihan arus lalu lintas kendaraan.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung melalui Kasat Lantas AKBP Ariek Indra Santanu mengatakan, KTT OKI  dihadiri 49 negara. Terdapat tiga titik fokus pengamanan dan pengalihan arus, yaitu, sekitar Hotel Pullman, Jalan Diponegoro; Gedung Merdeka dan Hotel Savoy Homman, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

BACA JUGA: Pabrik Tripleks di Bandung Hangus Terbakar

“Seluruh delegasi akan menginap di Hotel Pullman. Acara (KTT OKI) digelar di Gedung Merdeka. Sebelum acara, para delegasi akan transit di Hotel Savoy Homman, Jalan Asia Afrika,” kata Kasatlantas Polrestabes Bandung kepada wartawan.

Selama KTT OKI berlangsung, ujar AKBP Ariek Indra Sentanu, Satlantas Polrestabes Bandung akan melakukan penutupan dan rekayasa jalan. Para pengandara dari arah Cilamaya tidak boleh melintas di Jalan Majapahit- Dipenogoro ke flyover M Kusumaatmaja.

BACA JUGA: Kajari Kota Bandung, Hentikan Tuntutan Atas Tersangka Ujang Supriatna

Pengendara diarahkan melewati Jalan Dipenogoro-Sentot Alibasah-Trunojoyo-Sulanjana dan Ir H Djuanda atau Dago, Cikapayang.

“Sedangkan masyarakat yang hendak ke Pasteur, melalui Jalan Supratman, diperkanan melalui Jalan Diponegoro-Sentot Alibasah-flyover M Kusumaatmaja-Dago-Sulanjana,” ujar AKBP Ariek Indra Sentanu.

BACA JUGA : Walikota Bandung Komentari Wacana Pemindahan Ibu Kota Jabar ke Tegalluar

Kasatlantas Polrestabes Bandung menuturkan, pengendara yang hendak ke Jalan Asia Afrika dari Simpang Tamblong-Asia Afrika dan Simpang Lima seluruhnya dialihkan ke Lengkong Besar.

“Jalan Asia Afrika ditutup selama kegiatan berlangsung di Gedung Merdeka,” tutur Kasatlantas Polrestabes Bandung.

Selain ruas jalan utama itu, kata AKBP Ariek Indra Sentanu, pengaliham arus juga dilakukan di Simpang Banceuy-ABC dari arah Pos dan Giro dan Pasar Baru-ABC. Kendaraan diarahkan ke Jalan Banceuy-Jalan Suniaraja.

BACA JUGA : bandPN Bandung 3 kali Gagal Eksekusi Pengosongan Rumah?

“Kendaraan yang dari arah Simpang Braga-Naripan dialihkan ke Jalan Braga Panjang. Dikarenakan Jalan Braga Pendek ditutup total,” ucap AKBP Ariek Indra Sentanu.

Pengalihan arus lalu lintas, ujar dia, juga diterapkan di Jalan Dalem Kaum-Alun alun Timur. Pengendara dari arah Dalem Kaum ke Simpang lima atau Jalan Sunda, jika Jalan Simpang Lengkong Besar-Lengkong Kecil padat, pengendara akan dialihkan ke Alun alun Timur-Asia Afrika-Banceuy-ABC-Naripan-Sunda-Simpang Sunda-Veteran-Ahmad Yani-Simpang Lima.

BACA JUGA: Pemkot Bandung Segera Bentuk Kampung Siaga

“Kami memohon maaf kepada masyarakat dengan adanya pengalihan arus tersebut sehingga dapat menggangu perjalanan. Hal tersebut dilakukan dikarenakan adanya kegiatan OKI. Semoga kegiatan tersebut berjalan lancar dan aman,” ujarnya.

Polrestabes Bandung bersama Brimob Polda Jabar dan jajaran TNI menggelar apel kesiapan pengamanan KTT OKI di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Minggu (22/10/2022).

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung mengatakan, jumlah personel yang terlibat dalam pengamanan KTT OKI sebanyak 1.900 orang. Pengamanan akan dilakukan dan dipusatkan pada tiga titik, diantaranya Hotel Pullman, Hotel Savoy Homann dan Gedung Merdeka.

BACA JUGA : Rangkaian Kegiatan dan Event HUT Kota Bandung 2022 HJKB 212

Selain itu, pengaman juga dilakukan di beberapa titik objek wisata dan pusat keramaian di Kota Bandung.

“Titik pengaman sudah kami tempatkan personel, baik tiga tempat kegiatan utama OKI, termasuk objek wisata,” ujar Kapolrestabes Bandung.

Kombes Pol Aswin Sipayung menyatakan, dari 49 negara yang tergabung dalam OKI, beberapa di antaranya sudah berada di Kota Bandung.

“Kemarin sudah ada dari Arab Saudi, dan hari ini akan ada enam delegasi negara lainnya yang akan tiba di kota Bandung,” ujar Kombes Pol Aswin Sipayung.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana didampingi pejabat utama Polda Jabar dan Kasatgas Densus 88 Wilayah Jabar mengecek kesiapan pengamanan KTT OKI. Dalam kegiatan tersebut Kapolda Jabar mendengarkan paparan dari masing-masing penanggung jawab posko guna menyelaraskan pelaksanaan pengamanan kegiatan dengan baik di Pospam Hotel Pullman, Gedung Merdeka. Bandung, Senin, (24/10/2022).

(Hd)