AHY Usul Pembentukan Lemsus Urus Pengelolaan Air

AHY Usul Pembentukan Lemsus Urus Pengelolaan Air

Nusa Dua, LINews – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jadi pembicara di World Water Forum ke-10 di Bali. Dalam kesempatan itu, dirinya menyampaikan ide pembentukan lembaga khusus mengurusi pengelolaan air.

AHY menjadi pembicara di WWF dalam Forum Session Local and Regional Government Forum, di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Rabu (22/5/2024). AHY mengatakan untuk mewujudkan penggunaan air yang adil dan berkelanjutan, maka pemerintah pusat harus memiliki lembaga untuk mengurusi air.

“Pemerintah pusat atau pemerintah nasional harus membentuk suatu lembaga yang memiliki kewenangan dan kapasitas untuk mengintegrasikan dan sinkronisasikan seluruh kebijakan strategis dan aksi yang terkait dengan pengelolaan air,” kata AHY dalam paparannya menggunakan bahasa Inggris.

AHY mengatakan pembentukan lembaga yang dimaksudkan bisa belajar dari negara lain yang telah menerapkan lebih dulu. AHY mengatakan harus adaptif, terutama dalam memitigasi krisis air yang mungkin terjadi.

“Lembaga ini harus gesit dan adaptif untuk dapat menanggulangi berbagai macam dimensi dalam hal pengelolaan air khususnya untuk mencegah dan memitigasi krisis yang dapat terjadi,” sebutnya.

Lebih lanjut, dirinya menyebut lembaga tersebut harus bisa mengatasi permasalahan penggunaan air paling dasar, yaitu tumpang tindih kepentingan. AHY juga mengatakan harus bisa berkoordinasi antar sektoral untuk membuat air bisa berfungsi untuk kesejahteraan bersama.

“Lembaga air ini harus dapat mengatasi masalah yang paling mendasar yaitu ego sektoral, dan juga tumpang tindih (overlaping) kepentingan antar pemangku kepentingan,” sebut dia.

“Lembaga air ini harus dapat mendukung koordinasi lintas sektoral dan kolaborasi antar lembaga untuk mencapai bagaimana air dapat menjadi kesejahteraan bersama,” tambahnya.

(Nian)

Tinggalkan Balasan