Akibat Musim Kemarau, Bukit Teletubbies di Sidimpuan Terbakar

Akibat Musim Kemarau, Bukit Teletubbies di Sidimpuan Terbakar

Padangsidimpuan, LINews – Akibat kemarau yang melanda Kota Padangsidimpuan dalam dua pekan terakhir mengakibatkan Bukit Teletubbies di Desa Purwodadi, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut) terbakar, Jumat (02/06/2023) petang.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Damkar dan Penyelamatan Dinas Pemadam kebakaran Padangsidimpuan, Azhadi Muktar Nasution saat dikonfirmasi awak media dilokasi mengatakan, kebakaran lahan yang terjadi ini disebabkan karena kemarau yang terjadi di Kota Padangsimpuan dalam dua pekan terakhir, hingga mengakibatkan lima hektar lahan kosong di bukit Teletubbies terbakar.

Akibat kebakaran, api dengan cepat merambat ka ilalang dan rumput kering yang berada diketinggian ini yang membuat petugas Damkar, BPBD, Kepolisian dan TNI turun tangan dengan cepat untuk menghindari api merambat ke rumah warga.

“Ada lima titik api di lokasi bukit Teletubbies ini yang terbakar, saat ini kita sedang mengupayakan pemadaman api,” ucap Azhadi

Ada dua unit mobil Damkar yang diturunkan ke lokasi tapi sempat kesulitan untuk menjangkau kobaran api yang berada di puncak bukit Teletubbies. Belasan petugas pemadam kebakaran dikerahkan kelokasi meskipun terpaksa harus mendaki bukit sekitar 500 meter untuk bisa menjangkau kobaran api.

“Anggota harus berjalan mendaki gunung sekitar 500 meter untuk menjangkau lokasi api. Tapi untuk mengantisipasi kobaran api merambat ke permukiman warga di bawah bukit, terlebih dulu kita sudah memadamkanya,” pungkasnya.

(Hotmatua)

Tinggalkan Balasan