Anies Banggakan JAKI Usai Ganjar Janjikan Government Super Apps

Anies Banggakan JAKI Usai Ganjar Janjikan Government Super Apps

Jakarta, LINews – Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjanjikan aplikasi super dari pemerintah untuk publik, jika dia terpilih menjadi presiden. Capres nomor urut 1 Anies Baswedan membanggakan aplikasi Jakarta Kini (JAKI).

“Dulu di Jakarta kami buat namanya JAKI. JAKI adalah sebuah super apps yang membuat setiap pelayanannya ada ukurannya,” ujar Anies di panggung debat, Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam.

Anies mencontohkan bila ada laporan pohon tumbang, maka pelapor bisa mengetahui berapa lama laporannya akan dituntaskan petugas.

“Ketika dikatakan ada laporan tentang peristiwa X, maka ada berapa waktu harus beres? semua ukuran pelayanan dibuat transparan,” jelasnya.

“Lalu publik yang melapor tahu persis. ‘Saya lapor kapan harus selesai? dengan begitu standarisasi akan bisa terjadi,” lanjutnya.

Hal itu disampaikan Anies usai Ganjar menjawab pertanyaan panelis mengenai cara meningkatkan pelayanan publik. Ganjar menjanjikan aplikasi super dari pemerintah untuk publik, jika dia terpilih menjadi presiden.

“Pengalaman kami membuat LaporGub! sebagai suatu ruang komplain publik yang pemerintahan nggak boleh baperan (membawa perasaan/emosional) menerima masukan dan kritikan, inilah yang akan kita angkat menjadi government super apps,” kata Ganjar.

Tema debat perdana untuk capres kali ini yakni pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

(Luky)

Tinggalkan Balasan