Aparat Tembak Mati-Rebut Senjata Tokoh KKB Abubakar Kogoya

Aparat Tembak Mati-Rebut Senjata Tokoh KKB Abubakar Kogoya

Mimika, LINews – Aparat gabungan TNI-Polri di Mimika, Papua, menembak mati seorang tokoh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bernama Abubakar Kogoya. Aparat gabungan juga merampas senjata pelaku.

Panglima Kogabwilhan III Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon mengungkapkan aparat gabungan awalnya terlibat kontak tembak dengan KKB di Distrik Tembagapura, Mimika, Papua Kamis (4/4/2024) sore.

Kontak tembak bermula dari terdengarnya bunyi letusan senjata di Area Mile 69 Kali Kuluk Tembagapura yang mengakibatkan para pendulang non karyawan atau masyarakat setempat lari ketakutan dan berlari ke arah Utikini.

“Merespon situasi tersebut, aparat keamanan gabungan TNI-Polri dengan sigap bergegas merapat ke TKP dan sontak terjadi kontak tembak,” ujar Letjen Richard.

Setelah kontak tembak berakhir, aparat gabungan menemukan 2 korban jiwa di pihak KKB Papua. Salah satunya diyakini Abubakar Kogoya, serta sebuah pucuk pistol.

“Sedangkan di pihak aparat keamanan gabungan TNI-Polri nihil kerugian jiwa maupun senjata,” katanya.

Letjen Richard mengungkapkan keberhasilan aparat gabungan mereduksi kekuatan KKB kali ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas keamanan demi lancarnya proses percepatan pembangunan di Papua.

(Ris)

Tinggalkan Balasan