Arus Kendaraan Pemudik Padat di Nagreg

Bandung, LINews – Arus lalulintas mudik di jalur Selatan Jawa Barat via Nagreg pukul 06.00 Wib, Sabtu (30/4/2022) terjadi kepadatan luar biasa.

Kendaraan mengantri ketika menuruni puncak Nagreg ke arah Tasikmalaya maupun Garut. Kepadatan dan antrian kendaraan ini, karena terjadi akibat sistem buka tutup yang dilakukan pihak kepolisian.

Hal ini dilakukan pihak kepolisian, menyusul adanya kepadatan dan kemacetan di jalur Limbangan-Tasikmalaya maupun Garut. Arus lalulintas yang datang dari arah Nagreg menuju timur, diberhentikan dengan durasi 1 jam.

“Hari ini arah Tasikmalaya dan arah Garut terjadi kepadatan,” jelas petugas Dishub Kabupaten Bandung di Nagreg.

Petugas terkait di wilayah Limbangan maupun Leles Garut, melakukan upaya one way untuk menguras arus lalulintas yang datang dari arah Nagreg.

Kepadatan terus meningkat, dan antrian di Limbangan pun mengular. Petugas juga melakukan pengalihan arus lalulintas yang melalui jalur Nagreg-Leles ke jalur jalan Baru. Upaya ini untuk mengurangi kepadatan di wilayah Leles Garut.

Sementara itu juga, dari pantauan di lapangan, kondisi serupa terjadi di jalur bypass Parakanmuncang-Nagreg.

Selain akibat buka tutup pintu perlintasan kereta api sebelum masuk ke puncak Nagreg, juga akibat penyempitan jalur jalan ketika keluar dari bypass Parakanmuncang.

Di bypass Parakanmuncang, kendaraan dari barat ke timur yang terdiri empat lajur, masuk ke jalan raya Nagreg menjadi dua lajur. (Ade)