BAKTI Kominfo Gelar Lomba Untuk Jurnalis

BAKTI Kominfo Gelar Lomba Untuk Jurnalis

Jakarta, LINews – Salah satu tantangan dari transformasi digital di Indonesia adalah mengkoneksikan daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T) dan perbatasan. Saat ini pemerintah tengah fokus membangun last mile untuk mengkoneksikan lebih dari 12.500 desa yang belum memiliki kualitas jaringan internet.

BAKTI Kominfo terus berupaya untuk memperkuat dan memperluas akses seluler di seluruh Indonesia.

“BAKTI Kominfo bekerja sama dengan operator telekomunikasi dalam menyediakan akses seluler membangun Base Transceiver Station (BTS) untuk menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia,”tulis BAKTI Kominfo dikutip dari laman resminya, Rabu (6/12/2023).

Berkaitan dengan hal ini, BAKTI Kominfo menggelar Lomba Artikel dan Video Jurnalistik. Lomba ini mengusung tema besar, di antaranya:

  • Konektivitas mendorong Inklusivitas dan Transformasi Digital
  • Literasi digital untuk mendorong pemanfaatan konektivitas digital
  • Pembangunan infrastruktur telko/digital di daerah 3T untuk atasi kesenjangan digital.

Karya lomba yang masuk baik tulisan artikel jurnalistik maupun video pendek dapat memenuhi salah satu atau semua tujuan lomba, yaitu:

  • Memberikan pemahaman pentingnya pengembangan konektivitas dalam pembangunan di Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau.
  • Menggambarkan manfaat yang dapat dirasakan bagi masyarakat, pemerintah, dan semua pihak, dengan pembangunan konektivitas digital.
  • Memberikan masukan bagi semua pihak untuk dapat meningkatkan literasi digital sehingga mampu mendorong pemanfaatan konektivitas digital dalam upaya memacu pengembangan perekonomian digital nasional yang lebih luas.

Adapun ketentuan Lomba Artikel dan Video Jurnalistik sebagai berikut:

  • Lomba terbuka bagi wartawan baik media cetak/media massa online/kantor berita.
  • Artikel/feature dan Video jurnalistik belum pernah diikutkan atau memenangkan lomba apapun.
  • Peserta bisa mengirimkan karya lebih dari satu tapi dengan tema yang berbeda
  • Karya baru dan asli, adalah yang belum pernah tayang sebelumnya. Karya yang dilombakan merupakan Karya sudah dibuat dalam 1 bulan terakhir dalam kurun 24 Oktober – 13 Desember 2023.

Keputusan Pemenang oleh Dewan Juri tidak dapat diganggu-gugat.

Panitia berwenang membatalkan keputusan Dewan Juri jika di kemudian hari ditemukan pelanggaran atas salah satu poin ketentuan lomba ini, termasuk penggunaan identitas atau informasi palsu.

Tulisan artikel dan video pendek akan digunakan oleh Bakti Kominfo untuk bahan edukasi dan sosialisasi

Finalis dan Pemenang akan diumumkan pada 15 Desember 2023 di Jakarta.

Untuk mendaftar, submit semua karya artikel dan video melalui email humas@baktikominfo.id dengan mencantumkan subjek ‘Lomba Artikel & Video Pendek Jurnalistik BAKTI Kominfo’. Periode lomba: 24 Oktober – 13 Desember 2023.

Nantinya, karya tulisan dan video yang telah diterima oleh panitia akan dikurasi oleh para ahli di bidangnya. Pemenang lomba juga akan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah uang tunai senilai puluhan juta rupiah. Akan ada tambahan hadiah bagi pemenang 1, 2, dan 3 yaitu kesempatan peliputan di Indonesia Timur seperti di Raja Ampat dan Labuan Bajo.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, tunjukkan karya jurnalistik di Lomba Artikel dan Video Pendek BAKTI Kominfo. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi laman www.baktikominfo.id dan ikuti sosial media Instagram, Facebook, X, dan Youtube @baktikominfo.

(Rotu)

Tinggalkan Balasan