Bambang Tirtoyuliono, Pj Walkot Bandung Akhir September

Bambang Tirtoyuliono, Pj Walkot Bandung Akhir September

Bandung, LINews – Bambang Tirtoyuliono ditunjuk menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung. Nama Bambang memang diajukan sebagai kandidat Pj Walkot Bandung atas rekomendasi Pemprov Jawa Barat ke Kemendagri.

Nama Bambang memang sudah tak asing lagi di kalangan Pemprov Jabar. Saat ini, ia menjabat sebagai Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jabar.

Dalam jabatannya di DBMPR, Ir Bambang Tirtoyuliono MM, dalam video yang diunggah akun YouTube Dinas BMPR, mengaku dari 69 paket pekerjaan di Dinas BMPR yang sudah berkontrak pada akhir bulan Februari 2023, telah dilaksanakan.

Selama menjabat di DBMPR tahun 2023, Bambang juga mendapatkan Penghargaan Satya Lencana, Karya Satya 20 tahun dari Presiden Joko Widodo atas pengabdiannya selama dua dekade sebagai pegawai negeri sipil.

Pada Juli 2020 sampai September 2021, Bambang Tirtoyuliono juga sempat ditunjuk sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jabar. Mundur ke jabatan sebelumnya, Bambang merupakan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jabar pada 2018-2020.

Kiprahnya sebagai Kepala Dinas memang telah cukup berpengalaman dari bidang satu ke lainnya. Bahkan soal mengisi kekosongan kepala daerah juga bukan pengalaman pertama untuknya.

Bambang pernah diberi kepercayaan untuk mengisi kekosongan pemerintahan Kabupaten Indramayu saat Taufik Hidayat mengajukan cuti dalam rangka Pilbup Indramayu 2020.

Pada 26 September hingga 5 Desember 2020, ia dilantik Ridwan Kamil sebagai Pejabat Sementara (Pjs) menggantikan Taufik. Sementara Taufik juga kala itu menjabat sebagai Pjs karena mantan Bupati Indramayu Supendi terlibat kasus korupsi.

Bambang Tirtoyuliono juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jabar pada tahun 2016. Ia juga menjabat sebagai Komisaris PT Migas Hulu Jabar ONWJ hingga saat ini.

Kini, Bambang didapuk menjadi Pj Wali Kota Bandung. Setelah dilantik, ia bakal meneruskan jabatan periode 21 September 2023 hingga Februari 2025 mendatang.

(Red)

Tinggalkan Balasan