Banjir Rob Mengganas di Karawang

Banjir Rob Mengganas di Karawang

KARAWANG, LINews – Masyarakat diminta waspada saat berwisata di Pantai Karawang ketika liburan akhir tahun. Pasalnya, sejumlah banjir rob tengah menerjang sejumlah pantai di Karawang.

Selain itu, baik masyarakat maupun wisatawan diimbau tidak berenang di pantai lantaran tingginya gelombang.

“Kami mengimbau masyarakat yang akan wisata ke pantai Karawang untuk tetap waspada. Cuaca saat ini hingga akhir tahun nanti kurang bersahabat. Ombak besar dan banjir rob sudah terjadi di beberapa wilayah pantai,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Ferry Muharam, Selasa (27/12/2022).

Menurut Ferry, mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan BPBD Karawang bersama pemerintah desa di sekitar pantai mendirikan Pos Pantau atau Satuan Tugas untuk mengawasi wisatawan. Jika terjadi hal yang membahayakan maka petugas bisa dengan cepat mengambil tindakan.

“Pengunjung bisa melapor ke Pos Pantau jika terjadi hal yang menbahayakan,” katanya.

Menurut Ferry, berdasarkan laporan ada sejumlah wilayah di pesisir utara pantai Karawang dilanda banjir rob. Wilayah pantai yang terjadi banjir rob yaitu Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya, Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes, Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes; Desa Ciparagejaya, Kecamatan Tempuran dan Desa Pusakajaya Utara Kecamatan Cilebar.

Ferry mengatakan, akibat banjir rob sebanyak 1.699 rumah terendam dan berdampak terhadap 3.473 orang dari 1.093 KK.

“Kami masih terus melakukan pemantauan banjir rob karena sudah merendam banyak rumah,” ucapnya.

(Kus)