Beredar Foto Firli Bahuri Bertemu Mentan SYL di Lapangan Bulu Tangkis

Beredar Foto Firli Bahuri Bertemu Mentan SYL di Lapangan Bulu Tangkis

Jakarta, LINews – Foto yang menampilkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) di lapangan bulu tangkis beredar. Dalam foto itu, Firli tampak asyik berbincang dengan Politikus Partai NasDem tersebut.

Firli terlihat mengenakan pakaian olahraga berwarna biru gradasi dan setelan celana pendek. Dia tampak duduk santai sambil menatap ke arah SYL.

Sementara SYL tampak mengenakan kemeja lengan pendek bercorak hitam dengan setelan celana jeans. SYL juga terlihat mengobrol dengan Firli.

Keduanya tampak berdiskusi sambil duduk di kursi panjang yang terbuat dari semen di pinggir lapangan bulu tangkis. Dikabarkan, lokasi GOR badminton tempat pertemuan SYL dan Firli berada di kawasan Mangga Besar, Jakarta.

Law-Investigasi sudah berupaya menghubungi Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri ihwal foto Firli dan SYL tersebut, namun belum direspons. Konfirmasi juga sudah dilayangkan kepada Kuasa Hukum SYL, Febri Diansyah, yang juga belum direspons.

Diketahui, SYL sedang menjadi sorotan. Hal itu karena dirinya diduga terjerat kasus korupsi di Kementan.

Bukan hanya soal kasus korupsi, nama SYL juga kembali terseret dalam kasus pemerasan. SYL dikabarkan diperas oleh pimpinan KPK.

Dugaan adanya pemerasan itu pertama kali terungkap dari surat panggilan pemeriksaan Polda Metro Jaya yang tersebar luas di kalangan wartawan. Surat panggilan tersebut ditujukan kepada ajudan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), Panji Harianto, dan seorang Sopir bernama Heri.

Dalam surat panggilan polisi tertanggal 25 Agustus 2023 tersebut, keterangan keduanya dibutuhkan untuk kepentingan penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan yang diduga dilakukan oleh pimpinan KPK terkait penanganan perkara di Kementan.

Polda Metro Jaya mengamini sedang menyelidiki dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap Mentan SYL. Hal itu disampaikan Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

“Perlu kami sampaikan di sini terkait dengan timeline upaya penanganan dumas yang diterima oleh Tim penyelidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya,” ujarnya, Kamis (5/10/2023).

“Pada tanggal 12 Agustus 2023 tim penyelidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah menerima dumas atau pengaduan masyarakat terkait dengan adanya dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi RI dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian RI Tahun 2021,” katanya.

Firli Bahuri Bantah Terima Uang di Lapangan Bulu Tangkis

Firli Bahuri sebelumnya telah membantah pernah bertemu orang lain di lapangan bulu tangkis untuk menerima sejumlah uang dalam rangka mengurus kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

Awalnya Firli tak menampik dirinya kerap mengunjungi lapangan bulu tangkis. Akan tetapi, dia menegaskan kunjungannya itu hanya untuk berolahraga.

“Mungkin rekan-rekan mengikuti bahwa untuk menjaga kesehatan dan kebugaran saya memang sering melakukan olahraga bulu tangkis, setidaknya itu dua kali dalam seminggu dan tempat itu adalah tempat terbuka,” kata Firli Bahuri dalam konferensi pers, Kamis (5/10/2023).

Firli turut membantah dirinya kerap bertemu orang lain di lapangan bulu tangis. Apalagi dalam pertemuan itu terdapat penyerahan uang sebesar satu miliar dolar.

“Jadi saya kira tidak akan pernah ada hal-hal orang bertemu dengan saya, atau apalagi kalau seandainya ada isu bahwa menerima sesuatu sejumlah 1 miliar dolar itu saya baca, saya pastikan itu tidak ada,” tuturnya.

(Robi)

Tinggalkan Balasan