Bersama Nelayan Desa Karangsong, KPL Mina Sumitra adakan pesta laut 2023

Bersama Nelayan Desa Karangsong, KPL Mina Sumitra adakan pesta laut 2023

Indramayu, LINews – Nadran merupakan acara adat yang di laksanakan di pesisir utara pantai pulau Jawa seperti Subang, Cirebon dan Indramayu. Nadran yaitu berupa pesta laut yang diadakan oleh para nelayan sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil tangkapan ikan yang di peroleh dan mengharapkan peningkatan hasil di tahun mendatang selain itu berdo’a kepada Tuhan agar mendapatkan perlindungan ketika mencari nafkah di laut. Nadran di adakan rutin setiap tahun, seperti para nelayan di Desa Karangsong kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu Jawa Barat
beserta KPL Mina Sumitra mengadakan hajatan pesta laut Nadran laut dalam rangka mensyukuri hasil laut yang melimpah kepada para nelayan Indramayu.

Maka tidak heran jika pemandangan berbeda dapat di temui di sekitaran muara dan di depan halaman kantor KPL Mina Sumitra dengan banyaknya umbul – umbul, panggung hiburan, beca hias, dan yang lebih menarik lagi adalah puluhan perahu yang di hias sedemikian rupa dengan aneka ragam ornamen berwarna warni, puncak acara di laksanakan pada hari Rabu ( 3/5/2023 ).

Hadir dalam puncak acara tersebut Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, Dandim 0616/ Indramayu, Kapolres Indramayu, ketua dan anggota DPRD Indramayu, Disbudpar Indramayu ketua DKI ( Dewan Kesenian Indramayu) serta para tamu undangan dan masyarakat Desa Karangsong.

Ketua KPL Mina Sumitra H Darto dalam sambutannya mengatakan Nadran adalah acara adat nelayan yang sudah turun temurun di laksanakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Maha Pencipta yang telah memberikan rizqi hasil tangkap ikan yang melimpah, semoga para nelayan Indramayu khusus nya di Karangsong tahun depan akan mendapatkan hasil tangkap ikan yang lebih melimpah lagi.

Sementara Bupati Indramayu dalam sambutannya mengatakan, pelabuhan Karangsong merupakan salah satu pelabuhan ikan yang ada di Indramayu dan beserta KPL Mina Sumitra banyak memberikan kontribusi kepada pemerintah Daerah dan semoga nelayan Karangsong di bawah KPL Mina Sumitra kedepan akan lebih maju lagi dan tentunya dengan hasil tangkapan ikan yang lebih banyak lagi.

Puncak acara yang disakralkan oleh masyarakat Desa Karangsong, yaitu dilaksanakannya acara ritual utama berupa melarung sesaji kepala kerbau ketengah laut yang di iringi puluhan perahu – perahu nelayan termasuk rombongan pejabat Daerah Indramayu.
Acara pesta laut atau Nadran berlangsung sangat meriah, banyak masyarakat berbagai daerah datang memadati kawasan pantai Karangsong untuk melihat prosesi budaya tersebut. Berbagai spanduk dan umbul – umbul menghiasi setiap perahu dan kapal nelayan yang terkesan meriah.

Selain itu, dalam acara pesta laut atau Nadran di kawasan pantai Karangsong ini juga diadakan kegiatan seperti jalan santai, sunatan masal, pasar murah, kuliner khas laut, dan hiburan serta carnaval. Dan kegiatan ini mampu menghibur warga yang sejak pagi memadati kawasan pantai Karangsong
untuk melihat tradisi turun temurun para nelayan ini.

Tinggalkan Balasan