Bertemu Menlu Arab Saudi, Jokowi Ingin Bangun Indonesian House di Makkah

Bertemu Menlu Arab Saudi, Jokowi Ingin Bangun Indonesian House di Makkah

Jakarta, LINews – Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Faisal Bin Farhan Al Saud, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7/6/2022). Dalam pertemuan itu, pelaksanaan ibadah haji dibahas keduanya.

“Bapak Presiden mengatakan apresiasi terhadap pelaksanaan haji tahun ini setelah karena pandemi 2 tahun tidak dilakukan pelaksanaan haji, dan Indonesia mendapatkan kuota terbesar lebih dari 100.000, tepatnya adalah 100.051 orang,” ujar Menlu Retno Marsudi yang ikut dalam pertemuan.

Menlu Arab Saudi kemudian menjelaskan mengenai rencana ke depan, yakni apabila situasi membaik kuota haji akan ditingkatkan. Selain itu, pemerintah Arab Saudi juga akan terus membangun fasilitas-fasilitas untuk mendukung pelaksanaan ibadah haji.

Jokowi juga menyampaikan rencana Indonesia untuk membangun Indonesian House di Kota Makkah, sebagai dukungan maksimal kepada para jemaah umrah dan haji Indonesia.

“Kita minta dukungan dari otoritas pemerintah, dari Saudi, dan pesan ini akan disampaikan oleh Menlu Saudi kepada otoritas di Saudi Arabia,” kata Retno.

Selain haji, hal lain yang dibahas adalah mengenai hubungan antarmasyarakat kedua negara. Otoritas Arab Saudi kini telah mencabut larangan warganya untuk berkunjung ke Indonesia.

Menurut Menlu, hal tersebut merupakan hasil dari pembicaraan yang sudah lama antara pihak Indonesia dengan Arab Saudi, mencakup data-data mengenai kondisi Covid-19 di Indonesia yang terus mendapatkan apresiasi dari dunia.

“Jadi sekali lagi kita sambut baik keputusan otoritas Saudi untuk mencabut larangan warganya untuk berkunjung ke Indonesia yang kita harapkan akan berdampak pada pariwisata dan juga kunjungan-kunjungan bisnis,” kata Retno. (Biro Pers Setpres/Vhe)