BKSAP DPR Dorong Parlemen Asia Wujudkan Perdamaian di Palestina

BKSAP DPR Dorong Parlemen Asia Wujudkan Perdamaian di Palestina

Jakarta, LINews – Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI menyerukan langkah konkret mewujudkan perdamaian di Palestina. Hal itu disampaikan dalam pertemuan khusus parlemen Asia yang tergabung dalam Asian Parliamentary Assembly (APA) di Baku, Azerbaijan.

Seruan disampaikan oleh ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon, pada Jumat (23/2/2024) waktu setempat. Dia juga mengusulkan adanya ‘Baku Declaration‘ yang merupakan hasil sidang pleno APA.

“Saya mengusulkan agar deklarasi ini memuat poin terkait pentingnya peran Committee on Palestine atau Komisi Palestina,” kata Fadli dalam keterangannya, Sabtu (24/2/2024).

Usulan tersebut sebelumnya disampaikan di sidang eksekutif APA ke-1 di Antalya, Turki, November 2023 lalu. Usulan tersebut untuk dapat mengoptimalkan langkah diplomasi parlemen dalam menghentikan krisis kemanusiaan di Palestina.

“Melalui pembentukan misi khusus yang nantinya akan melaksanakan kunjungan ke Rafah, Palestina,” ucapnya.

Diketahui saat ini, Rafah menjadi tempat para pengungsi mencari tempat aman setelah invasi yang dilakukan Israel, sehingga menyebabkan wilayah Palestina luluh lantah.

“Usulan ini disambut baik dan diterima oleh seluruh anggota parlemen APA yang hadir,” jelasnya.

Kemudian, Fadli Zon ditunjuk menjadi pimpinan dalam misi parlemen Asia tersebut. Fadli ditunjuk secara aklamasi oleh peserta yang hadir.

“Hal ini merupakan wujud kontribusi nyata DPR RI, yang selama ini senantiasa menyuarakan dukungan terhadap Palestina dan menentang berbagai tindakan ilegal dan melanggar hukum internasional yang dilakukan Israel dengan menargetkan masyarakat sipil, khususnya anak-anak, wanita, dan lansia,” pungkasnya.

(Bayu)

Tinggalkan Balasan