Budi Karya: Lonjakan Mudik Tahun Ini Luar Biasa

Jakarta, LINews – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi turut melepas tim liputan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 MNC Media bersama Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo di Lobby Gedung iNews Tower, Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Dalam sambutannya, Budi Karya mengatakan, peran media dalam memberikan informasi kepada masyarakat sangat penting khususnya dalam kegiatan pelaporan informasi terkait mudik.

“Memang tadi seperti yang disampaikan oleh pak Hary Tanoe, lonjakan tahun ini sangat luar biasa dan kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi pihak-pihak termasuk media yang dengan adanya perbedaan dari penyelenggaraan pengamanan operasi ketupat akan dimulai tanggal 28 besok sangat dibantu,” ujar Budi Karya.

Budi Karya menambahkan, terdapat tiga rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan di masa mudik Lebaran 2022, seperti manajemen rekayasa lalu lintas penerapan ganjil genap, sistem satu arah (one way), peniadaan kendaraan 3 sumbu dan optional yang dilakukan secara bersamaan dalam pelaksanaannya.

“Jadi ini butuh effort yang sangat luar biasa, tapi kami mulai Sabtu ini bersama Kakorlantas sudah mulai melakukan rekayasa bersama kakorlantas,” kata dia.

Dia menyebut, dengan adanya tim liputa dari media, khususnya MNC Media, pihaknya berharap mudik dapat berjalan dengan lancar dan memberikan sejumlah informasi yang maksimal kepada masyarakat.

“Dengan dibantu dengan tim pak HT (MNC MEDIA), semoga berjalan dengan baik sama kaya lagunya Tulus, hati-hati di jalan,” ucapnya.

Sebagai catatan, Kemenhub memprediksi puncak arus mudik terjadi pada 29-30 April 2022. Masyarakat diharapkan bisa mempersiapkan mudik jauh-jauh hari pemberangkatan sebelum puncak arus mudik guna mengurai kemacetan lalu lintas.

“Kami himbau masyarakat untuk bisa melakukan kegiatan mudik lebih awal untuk mengantisipasi kepadatan,” tuturnya. (RN)