Bupati Tapsel Hadiri Penanaman Bibit Padi dan Bawang Merah di Desa Sarogodung

Bupati Tapsel Hadiri Penanaman Bibit Padi dan Bawang Merah di Desa Sarogodung

Tapanuli Selatan, LINews – Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan (Kab Tapsel) H. Dolly Putra Parlindungan Pasaribu S.Pt, MM menghadiri penanaman perdana Padi Varietas jenis Silatihan Genjah dan Bawang Merah jenis Varietas Batu Ijoijo di Desa Sarogodung, Kecamatan Sipirok, Sumatera Utara, Jum’at (26/04).

Penanaman dilakukan bersama para Kelompok Tani (Koptan) antara lain Koptan Sukamaju, Maju Bersama, Setia Lawan, Suka Makmur, Aek Biru, Siap Makmur, dan Mandiri, serta Suka Bersama.

Dikesempatan tersebut, Dolly Pasaribu mengatakan kepada para Koptan agar kegiatan itu merupakan sebuah momentum bagi mereka untuk mengembangkan benih Padi dan Bawang Merah agar menjadi bibit unggul dengan tarap Nasional.

“Mari kita sama-sama kompak dalam memeliharanya sebagaimana harapan kita dalam mengembangkan benih Padi dan Bawang unggul ini agar berjalan lancar, sukses dan sesuai harapan kita bersama,” ucapnya.

Disisi lain, Bupati juga mengundang para Koptan bahwasanya pada tanggal 26 s/d 28 April 2024 akan dilaksanakan MTQ ke-56 tingkat Kab Tapsel dengan dilanjutkan MTQ ke-39 tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tanggal 1 s/d 10 Juni 2024.

“Untuk malam MTQ ke-56 nanti ayo kita ramaikan dengan datang ke Lapangan Bola Patuan Muda Parlindungan Kilang Papan, Sipirok. Dan pada MTQ ke-39 tingkat Provsu agar masyarakat datang dan bisa memanfaatkannya karena masyarakat akan datang dari seluruh Kabupaten se-Sumut yang dipastikan akan mencari pemondokan,” terangnya.

Sementara itu, Kadis Pertanian Kab Tapsel, Henry Hamdani Hasibuan menjelaskan tujuan dilakukannya tanam bibit varietas itu tidak lain hanyalah untuk mendapatkan umur tanaman yang genjah (mempersingkat jadwal tanam) agar dapat mencukupi kebutuhan benih bawang di Kab Tapsel.

“Selain penanaman tadi, bapak Bupati juga telah menyerahkan bantuan bibit Padi Varietas Ciherang 25 Kg kepada 5 Koptan, dan juga bantuan bibit Jagung 10 Kg kepada 2 Koptan. Selain itu, 1 Suchet bibit Tomat untuk 1 hektar kepada 1 Koptan, dan 3 Hand Sprayer Electric kepada 3 Koptan,” ungkapnya.

Salah seorang Tokoh Masyarakat Desa Sarogodung, Halitoibin mengucapkan terima kasih atas bantuan yang disalurkan Bupati Kab Tapsel kepada warga setempat.

“Saya mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih atas penyaluran bantuan sekaligus kehadiran Bupati. Kami juga siap mendukung keberlanjutan Pemerintah Kab Tapsel ke depan,” katanya.

(Hotmatua)

Tinggalkan Balasan