Danone Indonesia & Kemendag Dorong Daya Saing UKM

Danone Indonesia & Kemendag Dorong Daya Saing UKM

Jakarta, LINews – Sebagai bentuk upaya mendorong keberhasilan usaha kecil dan menengah (UKM) di bidang pangan untuk bersaing di tingkat nasional, Danone Indonesia mendukung penyelenggaraan UKM Pangan Award 2024 oleh Kementerian Perdagangan.

Ajang tersebut diselenggarakan sejak Juli hingga Oktober dan puncaknya, yaitu Penganugerahan UKM Pangan Award 2024 kepada 10 pemenang pada Kamis, 10 Oktober 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten.

UKM Pangan Award 2024 ini diikuti 1.395 UKM dari 34 provinsi ini bertujuan untuk mendorong pelaku UKM Indonesia untuk dapat meningkatkan daya saing serta kapasitas usaha.

“Saya sangat mengapresiasi, acara ini penting sekali karena kita punya kuliner yang beragam dari Aceh hingga Papua. Oleh karena itu, kita bersama-sama perlu membantu pemasaran produk kuliner Indonesia,” ujar Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan dalam keterangan resminya, ditulis Selasa (15/10/2024).

Dia menambahkan, pemerintah perlu merancang sesuatu agar perekonomian Indonesia tumbuh. Ini mengingat, pariwisata merupakan sektor yang penting untuk mendukung pertumbuhan perekonomian dan perlu dikolaborasikan dengan pengembangan UMKM di bidang kuliner.

Sementara itu, VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menyampaikan rasa bangga dan harapannya atas penyelenggaraan UKM Pangan Award 2024.

“Suatu kebanggaan bagi kami, Danone Indonesia, bisa berkolaborasi kembali dengan Kementerian Perdagangan dalam penyelenggaraan UKM Pangan Award. Kolaborasi ini jadi bukti nyata dari komitmen kami melalui Danone Impact Journey untuk bisa memberikan dampak positif dalam aspek kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat di Indonesia,” ungkap Vera.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pihaknya melihat bahwa UKM di Indonesia berpeluang menjadi motor penggerak perekonomian nasional sehingga sudah seharusnya menjadi salah satu sektor yang perlu diperhatikan oleh pemerintah maupun swasta.

“Melalui program DAMPING yang diluncurkan pada tahun 2020, kami di Danone Indonesia terus mendorong upaya pemerintah memajukan UKM melalui berbagai program pendampingan dan digitalisasi. Kami berharap sektor UKM Indonesia menjadi lebih tangguh, inovatif dan kompetitif di kancah global,” imbuh dia.

Danone Indonesia mendukung penyelenggaraan UKM Pangan Award 2024 melalui pemberian dukungan dana pengembangan usaha kepada 10 pemenang terpilih dan menghadirkan activation booth yang melibatkan DAMPING, program pembinaan UKM yang diinisiasi oleh Danone Indonesia menggandeng Kampus Bisnis Umar Usman; dimana 3 dari 10 pemenang UKM Pangan Award 2024 merupakan peserta program DAMPING yaitu Gemilang Inovasi untuk Kategori Produk Makanan Ringan/Camilan, Gubug Eva untuk Kategori Khusus (Produk Inovatif), dan PT. Mustafa Food Indonesia untuk Kategori Produk Bumbu Masakan/Bumbu Dapur.

Sampai 2024, program DAMPING sudah memasuki tahun ke-4 dengan total lebih dari 3.800 UKM mengikuti kelas khusus, serta lebih dari 10.500 UKM menerima manfaat seperti pembekalan materi, serta pendampingan bisnis secara one on one sesuai dengan kebutuhan masing-masing UKM. Hasilnya, hampir seluruh UKM di bawah binaan DAMPING mengalami peningkatan omset dan beberapa UKM mulai melakukan ekspor ke mancanegara.

(And)

Tinggalkan Balasan