Demo Protes Al-Zaytun Bakal Digelar di Patung Kuda

Demo Protes Al-Zaytun Bakal Digelar di Patung Kuda

Jakarta, LINews – Polisi menutup lalu lintas di Patung Kuda, tepatnya Jalan Medan Merdeka Barat menuju Istana Kepresidenan, siang ini. Lalu lintas ditutup imbas demo massa.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan ada sejumlah elemen massa yang berdemo di Patung Kuda. Salah satunya massa Front Persaudaraan Islam (FPI).

Demo massa FPI dipusatkan di depan kantor Kementerian Aga (Kemenag). Dari sana, massa direncanakan demo di Patung Kuda.

“Sementara yang ditutup Merdeka Barat kita tutup. Kita alihkan dulu. Sebentar lagi akan ada massa dari FPI. Mau ke Kemenag dulu habis itu baru ke Patung Kuda,” kata Komarudin saat dihubungi, Senin (26/6/2023).

Arus lalu lintas menuju Istana sementara dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Medan Merdeka Selatan. Dia meminta masyarakat menghindari kawasan tersebut agar tidak terjebak kemacetan.

“Kepada masyarakat bisa gunakan jalur alternatif. Untuk massa yang akan sampaikan pendapatnya di muka umum agar tertib dan memperhatikan juga kepentingan masyarakat umum,” ujarnya.

Dilihat dari akun Instagram TMC Polda Metro, lalin di Patung Kuda saat ini telah ditutup. Dari postingan akun TMC Polda Metro, terlihat massa berbaju putih-hitam tengah berunjuk rasa di lokasi.

Tuntutan Massa FPI

Sementara dihubungi terpisah, juru bicara Habib Rizieq Syihab, Azis Yanuar, mengatakan total ada tujuh tuntutan yang akan diajukan. Pihaknya mengecam keras dugaan ajaran sesat dan penistaan agama yang dilakukan Panji Gumilang di Ponpes Al-Zaytun.

Aziz menuntut MUI untuk mengeluarkan Fatwa sesat ajaran Panji Gumilang. FPI juga menuntut pemerintah untuk menutup Ponpes Al-Zaytun terkait perkara yang ada.

“Menuntut Majelis Ulama Indonesia untuk segera mengeluarkan Fatwa Sesat terhadap ajaran Panji Gumilang. Menuntut Pemerintah untuk menutup ponpes Al-Zaytun Indramayu karena menjadi tempat sesat menyesatkan yang dilakukan terhadap anak bangsa,” kata Aziz Yanuar saat dihubungi, Senin (26/6).

(Bayu)

Tinggalkan Balasan