Departemen Kehakiman AS Geledah Rumah Biden

Departemen Kehakiman AS Geledah Rumah Biden

Washington DC, LINews – Pengacara Joe Biden menyampaikan pejabat dari Departemen Kehakiman AS menemukan sejumlah dokumen rahasia usai menggeledah rumah Presiden AS itu di Delaware. Ada enam dokumen rahasia yang ditemukan Departemen Kehakiman.

Seperti dikutip dari AFP, Minggu (22/1/2023), penggeledahan itu mengejutkan Biden. Sebab, penggeledahan itu dilakukan setelah Biden bersiap untuk menyatakan siap tidaknya mencalonkan diri untuk maju lagi Pilpres 2024.

Dokumen-dokumen yang ditemukan antara lain saat Biden menjabat sebagai Senat AS hingga Wakil Presiden AS. Dokumen yang ditemukan sekitar selusin.

“Gedung Putih menawarkan agar Departemen Kehakiman menggeledah rumah Biden di Delaware. Pencarian dilakukan pada hari Jumat dan saat ini telah selesai,” kata pengacara Biden, Bob Bauer.

“DOJ mengambil materi yang dianggap dalam ruang lingkup penyelidikannya, termasuk enam item yang terdiri dari dokumen dengan tanda klasifikasi dan materi di sekitarnya,” kata Bauer.

Bauer menyampaikan ruangan Biden yang digeledah antara lain ruang kerja hingga ruang penyimpanan di rumah.

 

“DOJ memiliki akses penuh ke rumah Presiden, termasuk catatan tulisan tangan pribadi, file, kertas, penjilid, memorabilia, daftar tugas, jadwal, dan pengingat selama beberapa dekade,” katanya.

 

Bauer mengatakan pengacara pribadi Biden dan penasihat Gedung Putih mengatur dengan Departemen Kehakiman untuk hadir selama pemeriksaan dan disetujui untuk tidak mempublikasikan berita pencarian sebelumnya ‘sesuai dengan prosedur standarnya’.

(A. Hutagaol)