Desa pasirnanjung Jadi Desa Digital Tingkatkan Kwalitas Hidup Warga

Desa pasirnanjung Jadi Desa Digital Tingkatkan Kwalitas Hidup Warga

Sumedang, LINews – Sumedang Desa Pasirnanjung, Kecamatan Cimanggung, resmi menyandang status sebagai Desa Cerdas. Predikat tersebut menjadi tonggak penting bagi Pemerintah Desa dan masyarakat dalam mendorong peningkatan literasi digital dan kecerdasan di berbagai bidang.

Pemanfaatan teknologi digital melalui media sosial dan perangkat lainnya menjadi salah satu kunci pencapaian tersebut. Kehidupan masyarakat yang semakin terhubung dengan teknologi, seperti smartphone dan internet, membuat transformasi digital di desa-desa, termasuk Pasirnanjung, semakin relevan.

Teknologi digital mempermudah berbagai aspek kehidupan, mulai dari komunikasi hingga pelayanan publik. Kepala Desa Pasirnanjung, Susi Herawati, melalui Sekretaris Desa Dani Supriadi, menyatakan, Desa Digital tidak hanya berarti desa yang memiliki akses internet.

Menurutnya, desa di gital adalah desa yang memanfaatkan tehnologi untuk meningkatkan kualitas hidup penduduknya.

“Desa digital mengitegrasikan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan sehari hari, menciptakan ekosistem yang inovatif dan inklusif” kata dani, kamis (24/10).

Dani menambahkan, tehnologi di Desa Pasirnanjung di manfaatkan untuk memperluas akses informasi, mempercepat pembangunan ekonomi, dan meningkatkan pelayanan publik.

“Kami berharap upaya ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menjadikan desa kami lebih maju” ujannya dani.

Pemdes pasirnanjung menargetkan peningkatan akses internet, yang saat ini baru mencapai 100 persen di masa mendatang. untuk mendukung transportasi digital ini, pemdes secara aktif melakukan sosialisasi melalui berbagai kegiatan desa, termasuk pertemuan warga dan acara di destiana wisata lokal, pasirnanjung gelis, melalui platform digital seperti E-office dan aplikasi wakepo, masyarakat juga diberi kemudahan untuk menyampaikan saran serta pengaduan.

Aplikasi ini sudah lama berjalan, namun belum semua warga memahami cara menggunakan nya,untuk kedepan nya, Pemdes berencana untuk tidak hanya meningkatkan pelayanan publik melalui digitalisasi, tetapi juga akan mengembangkan potensi pariwisata desa guna memperkuat ekonomi masyarakat desa Pasirnanjung.

(Ade)

Tinggalkan Balasan