Dewan Pakar Adhyaksa Awards 2024 Pastikan Zero Intervensi

Dewan Pakar Adhyaksa Awards 2024 Pastikan Zero Intervensi

Jakarta, LINews – Adhyaksa Awards 2024 baru saja mengumumkan 15 finalis kandidat yang akan meraih penghargaan. Hal ini berdasarkan keputusan dewan pakar dari pertemuan yang berlangsung pada Selasa (11/6) kemarin.

Dewan Pakar Adhyaksa Award yang juga menjabat sebagai Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman menegaskan semua kandidat terpilih telah melalui verifikasi dan penilaian yang adil tanpa adanya intervensi dari pihak mana pun. Ia menyebut bahkan sebagian besar jaksa finalis berasal dari daerah pelosok.

“Karena ini yang pertama, jangan sampai nanti kita sudah dianggap minimal di intervensi, ada pesanan. Tidak. Kita tunjukkan bahwa sebagian besar itu adalah jaksa yang nantinya menjadi nominasi adalah dari daerah, bahkan dari daerah yang paling terpencil menurut saya ada juga,” ucap Boyamin.

Ia juga tak ingin pagelaran Adhyaksa yang baru pertama kali digelar ini namanya tercoreng karena adanya intervensi. Ia lalu membandingkan Adhyaksa Awards 2024 dengan piala bergengsi Oscar yang dipercaya masyarakat karena memiliki dewan juri yang menjaga integritas.

“Kalau kita salah, karena ini yang pertama loh ya, Kalau salah tiba-tiba ada suatu masalah gitu timbul masalah dan kemudian menurunkan kredibilitas ini paling tidak untuk ke depan orang nggak percaya lagi, ini beban berat saya ini,” ujar Boyamin.

“Jadi kayak bahasanya gini loh, (piala) Oscar, bintang film di Amerika itu sangat dikagumi orang, dibanggakan orang karena menjaga integritasnya. Siapa-siapa dewan jurinya? Dan sampai sekarang orang-orang selalu mempercayai itu dan sampai sekarang itu menjadi legenda,” tambahnya.

Karenanya, Boyamin pun ingin penghargaan Adhyaksa Awards ini menjadi ajang penghargaan yang ikonik ke depannya.

“Dan kita karena ini generasi pertama ingin ini sesuatu yang sangat ikon. Nah Adhyaksa ini menjadi pada posisi seperti apa yang harus kita inginkan kan,” jelasnya.

Dengan lahirnya penghargaan ini, Boyamin berharap lembaga kejaksaan akan semakin kompak dan saling mendukung untuk berprestasi.

“Dari Adhyaksa Award ini Kejaksaan makin kompak dan saling mendukung untuk berprestasi, menjaga integritas dan pada posisi tertentu manajemen juga semakin bagus,” ucapnya.

Selaras dengan Boyamin, Tenaga Ahli Jaksa Agung, Ketua Komisi Kejaksaan 2015-2019 dan 2019-2023 yang juga menjadi dewan pakar, Barita Simanjuntak menyebut tak ada intervensi dalam penentuan pemenang. Terlebih, kelima Dewan Pakar Adhyaksa Awards 2024 yang berasal dari latar belakang beragam.

“Kan ini semuanya punya pengalaman kan. Ada Mas Boyamin yang hulu hilirnya tahu betul hal-hal yang kurang baik, apa yang terjadi juga beliau tahu punya jejaring yang kuat kan, ada dosen akademisi bisa mengecek, ada anggota DPR yang membuat peraturan dan ada juga kita yang berkecimpung lama di pengawas Kejaksaan, pengawas para jaksa,” ucap Barita.

Keahlian para dewan pakar Adhyaksa Awards ini juga disebutnya menjadi salah satu kelebihan dan faktor utama yang menjadikan pemenang penghargaan ini tak berasal dari intervensi pihak manapun.

“Sehingga dengan itu kan sebenarnya kita sudah tahu kalau ada yang kurang lebih kurang pas menurut kita karena sudah memiliki data sebelumnya, tentu tidak kita lanjutkan lagi,” tutupnya

Berikut 15 finalis jaksa kandidat penerima Adhyaksa Awards 2024:

Jaksa Teladan Dalam Integritas

– Koordinator Kejaksaan Tinggi D.I. Yogyakarta, Bambang Setiawan, S.H., M.H.Li.

– Asisten Komisioner KASN bidang Pengawasan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi, Agung Yuliarta Endrawan

– Asisten Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Aspidsus Kejati Sumbar), Hadiman, S.H., M.H.

Jaksa Tangguh Dalam Pemberantasan Korupsi

– Direktur Penuntutan KPK, Dr. Bima Suprayoga, S.H., M.Hum.

– Kepala Kejaksaan Negeri Banyuasin, Roy Riyadi. S.H., M.H.

– Direktur Penyidikan Pada Jampidsus, Kuntadi SH MH

Jaksa Inovatif Dalam Penegakan Hukum

– Kasi PB3R Kejaksaan Negeri Kutai Barat, Saepul Uyun Sujati, S.H.

– Inspektur Wilayah V Jamwas, Dr. Didik Farkhan Alisyahdi, S.H., M.H.

– Koordinator Kejaksaan Tinggi Maluku, Bambang Heri Purwanto.

Jaksa Penegak Keadilan Restoratif

– Kasubsi Pra Penuntutan Pidana Umum Kejaksaan Negeri Sarolangun, Regina Olga Boru Manik.

– Kasi Pidum Kejari Hulu Sungai Tengah, Herlinda, S.H., M.H.

– Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Langkat, Hendra Abdi P. Sinaga, S.H.

Jaksa Inspiratif Pemberdaya Masyarakat

– Kepala Kejaksaan Negeri Boyolali, Tri Anggoro Mukti SH.,M.krim.

– Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Dr. Rudi Margono, S.H., M.Hum.

– Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Tebo, Febrow Adhyaksa Soeseno, S.H., M.H.

Pemenang akan diumumkan pada Malam Penghargaan Adhyaksa Awards 5 Juli 2024 nanti. Adapun nama-nama kandidat diurutkan secara acak, bukan berdasarkan nilai/rangking penjurian.

(Arya)

Tinggalkan Balasan