Disdik Kota Depok Beri Penjelasan Soal Kurikulum Merdeka Belajar

Depok, LINews – Seluruh sekolah di Kota Depok kini tengah menggodok pelaksanaan Kurikulum merdeka belajar yang berasal dari program kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI).

Kasi Kurikulum dan Penilain SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Muhammad Yusuf mengatakan di tahun ajaran 2022/2023 Disdik Kota Depok diberikan kebebasan dalam menjalankan kurikulum Merdeka Belajar ini.

“Ada tiga kebebasan yang bisa dipilih, pertama merdeka dalam belajar, kedua merdeka dalam berubah, dan ketiga merdeka dalam berbagi,” katanya Kamis (7/7/2022).

Dia mengungkapkan, dalam kurikulum yang baru ini, Kurikulum 2013 (Kurtilas) tetap berlaku, bedanya Kurtilas diperkuat dengan adanya merdeka belajar.

“Yang dimaksud merdeka dalam belajar adalah, sekolah masih menggunakan Kurtilas sambil merdeka, yang dimaksud merdeka berubah adalah sekolah sudah mengunakan kurikukulum merdeka tetapi sudah dibuatkan profil Pancasila, profil berbasis projek semuanya itu dibuat oleh pemerintah sekolah hanya tinggal melaksanakan. Sedangkan merdeka dalam berbagi adalah sekolah sudah menyusun kurikulum sendiri,“ bebernya.

Menurutnya, kurikulum merdeka lebih fokus ke arah materi esensial. Dengan kata lain, materi pekajaran lebih mendalam di bandingkan dengan Kurtlias.

“Dulu pelajaran informatika sempat dihilangkan dalam Kurtilas, sekarang muncul lagi informatika untuk kurikulum merdeka. Tapi tentunya merdeka juga ada batasan, bukan untuk merdeka secara semuanya, sedangkan prakarya dan seni budaya di jadikan satu, sebenarnya tidak terlalu banyak perubahan antara Kurtilas dan kurikulum merdeka,“ terangnya.

Dia menambahkan, dalam kurikulum merdeka ada project untuk pembentukan karakter, ada pembagian waktu dalam seminggu untuk mengerjakan projek bersama.

“Project ini sebenarnya bukanya harus bisa nyanyi atau menari, tapi lebih ke arah karakter siswa terbangun ketika berkerja sama yang bergembang, tema itu dipilih oleh sekolah masing–masing,” tutupnya. (Sim)