Disdukcapil Lampung Utara di OTT, Diduga Terkait Pungli KTP

Disdukcapil Lampung Utara di OTT, Diduga Terkait Pungli KTP

BANDARLAMPUNG, LINews – Penggeledahan yang dilakukan polisi di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) ternyata bagian dari Operasi Tangkap Tangan (OTT). OTT ini diduga berkaitan dengan praktik pungutan liar (pungli) pembuatan KTP.

OTT berlangsung pada Senin malam (12/6/2023). Dalam video tersebut terlihat pegawai Disdukcapil yang beberapa masih menganakan pakaian dinas ASN. Mereka diamankan petugas dari Polres Lampung Utara.

Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika membenarkan adanya kegiatan OTT tersebut.

“Senin malam di Disdukcapil kabupaten Lampung Utara, ada beberapa orang yang diamankan,” kata Helmy saat ditemui di Mapolda Lampung, Selasa (13/6/2023).

Helmy menambahkan, terkait OTT tersebut saat ini masih dilakukan pendalaman oleh anggota unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Lampung Utara.

Disinggung soal OTT tersebut terkait pungli pembuatan KTP elektronik di Disdukcapil Lampung Utara, Helmy tidak memberikan jawaban pasti.

“Iya, peristiwa (OTT) memang ada,” kata dia.

Sebelumnya, polisi menggeledah Kantor Disdukcapil Lampung Utara, Jalan Pahlawan, Kecamatan Kotabumi Utara. Dalam penggeledahan itu, petugas menyita sejumlah dokumen hingga mesin cetak e-KTP.

Penggeledahan dipimpin Kasat Reskrim Polres Lampung Utara AKP Eko Rendi Oktama.

Salah seorang staf Dinas yang enggan disebutkan namanya mengatakan, dalam kegiatan tersebut, petugas menyita berkas dan beberapa unit komputer guna proses penyelidikan.

“Selain dokumen ada juga mesin cetak KTP Elektronik berada di Disdukcapil Kabupaten Lampura, juga disita petugas dari Polres Lampung Utara,” ujar staf tersebut.

Selain dokumen, lanjutnya, polisi juga turut membawa enam staf ke Mapolres Lampung Utara untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Keenam orang tersebut terdiri dari seorang Kepala bidang, tiga staf ASN dan dua pegawai honorer.

“Enam orang dibawa menggunakan dua mobil milik Polres Lampung Utara,” katanya.

(Rio)

Tinggalkan Balasan