DPRD Pangandaran Sebut Pemda Sampaikan LKPJ Tepat Waktu

DPRD Pangandaran Sebut Pemda Sampaikan LKPJ Tepat Waktu

Pangandaran, LINews – Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin.H.M.M menyebut Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran tepat waku dalam menyampaikan LKPJ.

“Kalau berdasarkan ketentuan sudah tepat waktu penyampaian LKPJ nya,” katanya usia memimpin sidang paripurna penyampaian LKPJ Bupati Pangandaran di ruang rapat paripurna. Menurutnya, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) selanjutnya akan dibahas oleh Panitia Khusus (Pansus).

“Isi LKPJ yang tentunya lebih ke kinerja, sejauh mana program-program yang dilaksanakan pada tahun 2022 menjadi agenda pembahasan Pansus,” ujarnya.

Asep mengakui, pandemi yang melanda sangat berpengarus terhadap sektor pendapatan daerah. Oleh karena itu, pemerintah daerah dipicu untuk meningkatkan pendapatan daerahnya melalui retribusi dan lain sebagainya.

“Salah satunya di Kabupaten Pangandaran adalah membentuk Badan Pendapatan Daerah,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya Badan Pendapatan Daerah di Kabupaten Pangandaran menjadi langkah jitu, sebab sektor pendapatan di Kabupaten Pangandaran mulai membaik.

“Tapi tidak cukup disana, tapi optimaslisasi sangat diperlukan bagaimana potensi pendapatan daerah harus dilakukan dengan baik,” katanya.

Asep mencontohkan retribusi pariwisata dan pajak yang belum dikelola dengan baik. Menurutnya, pola untuk meningkatkan di sektor ini adalah dengan digitalisasi.

“Pengelolaan pajak dan retribusi harus berbasis elektronik. Saya meyakini kalau inj berbasis elektronik, baik dari sisi pengawasanya dan pelaksanaanya akan lebih efesien, tingkat kebocoroanya juga akan berkurang,” ujarnya.

(Bd)

Tinggalkan Balasan