Duet Prabowo-Muhaimin Unggul dalam Simulasi 3 Paslon

Duet Prabowo-Muhaimin Unggul dalam Simulasi 3 Paslon

Jakarta, LINews – Pasangan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar unggul dalam simulasi tiga pasangan calon (paslon) berdasarkan hasil survei Indopol Survey & Consulting yang dirilis di Jakarta pada Jumat (15/7/2022).

Ada sejumlah simulasi elektabilitas paslon yang dilakukan Indopol dalam survei tersebut. Misalnya, untuk simulasi 3 paslon, Poros 1 koalisi PDIP-NasDem dengan paslon Puan Maharani-Anies Baswedan hanya mendapatkan 11,22%, Poros 2 Koalisi Partai Gerindra-PKB dengan mengusung Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar unggul dengan tingkat elektabilitas 29,76%, dan Poros 3 koalisi Golkar, PPP, PAN, Demokrat, dan PKS dengan paslon Airlangga Hartarto-AHY yang hanya memiliki tingkat elektabilitas 11,38%. Sementara yang menjawab tidak tahu (TT) atau tidak menjawab (TJ) masih cukup tinggi di angka 47,64%.

Begitu pula dalam simulasi 3 poros dengan koalisi parpol yang sama namun paslon berbeda. Untuk Poros 1 Koalisi PDIP-NasDem dengan Paslon Puan Maharani-Andika Perkasa mendapatkan elektabilitas 7,07%, Poros 2 koalisi Gerindra-PKB dengan paslon Prabowo-Muhaimin unggul dengan 32,36%, dan Poros 3 koalisi Golkar, PPP, PAN, PKS dan Demokrat dengan paslon Airlangga-AHY memiliki tingkat elektabilitas 12,93%. Sementara yang menjawab TT/TJ sebesar 47,64%.

Skema simulasi ketiga masih dengan tiga poros sama namun dengan paslon berbeda pula, Poros 1 PDIP-NasDem dengan Paslon Puan Maharni-Andika 6,18%, Poros 2 Gerindra-PKB dengan Paslon Prabowo-Muhaimin unggul dengan elektabilitas 28,05%, dan Poros 3 Koalisi Golkar, PPP, PAN, PKS, dan Demokrat dengan mengusung Paslon Anies Baswedan-Airlangga Hartarto memiliki tingkat elektabilitas 24,96%, sementara yang memilih TT/TJ sebanyak 40,81%.

Indopol juga membuat simulasi 4 paslon dan simulasi 3 poros untuk beberapa nama lain dengan berbagai hasil yang berbeda-beda. Sementara untuk tingkat elektabilitas capres perseorangan dengan simulasi 16 nama, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih unggul dengan tingkat elektabilitas 24,55%, disusul Anies Baswedan di angka 20,41%, dan Prabowo Subianto di angka 11,63%. (Red)