Edy Rahmayadi Tinjau Korban Keracunan Gas di Madina

Medan, LINews – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi meninjau langsung kondisi warga pasca insiden semburan lumpur yang terjadi di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Madina, Rabu (27/4/2022).

Sebelumnya, sumur gas PT Sorik Marapai Geothermal Power (SMGP) menyemburkan lumpur dan gas.

Dalam kunjungan itu, Edy turut juga didampingi Bupati Madina, HM Jakfar Sukhairi Nasution, Wakil Bupati, Atika Azmi Utammi Nasution dan Ketua DPRD, Erwin Efendi Lubis, Kapolres Madina AKBP HM Reza Chairul AS, dan sejumlah pimpinan OPD lainnya.

Setibanya di Desa Sibanggor Julu, Edy membagikan bantuan berupa sembako kepada warga yang terdampak.

Edy menyampaikan, penyebab terjadinya semburan lumpur di pembangkit listrik tenaga panas bumi tersebut saat ini masih dalam kajian tim. Untuk itu dia meminta kepada masyarakat agar mempercayakan penanganan persoalan tersebut kepada pemerintah dan tim yang menangani.

“Percayakan kepada kami dan tim yang akan menangani persoalan ini secara propesional, apakah ini kesalahan tenaga manusianya atau ada unsur kesengajaan dan ini masih dilakukan kajian oleh tim,” ujar Edy saat berdialog dengan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Edy juga mengajak masyarakat untuk sama-sama mensukseskan pembangunan.

“Di negara lain juga memiliki sumber energi yang sama seperti di Madina dan telah menghasilkan 2×45 mega watt. Untuk itu, ini harus sukses, negara yang lain juga mengambil energi seperti ini termasuk di Sumut sudah di beberapa tempat dan di tempat ini sudah dua kali, 2×45 mega watt yang sudah dihasilkan,” kata Edy. (R. Pardede)