Eks Penyidik KPK Ambarita Damanik Jadi Tenaga Ahli Menpora Dito

Eks Penyidik KPK Ambarita Damanik Jadi Tenaga Ahli Menpora Dito

Jakarta, LINews — Mantan penyidik KPK yang kini bertugas di Mabes Polri, Ambarita Damanik, ditunjuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi tenaga ahli Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

Nama Damanik diperkenalkan Dito saat agenda Kemenpora bersama KPK membahas program-program pencegahan korupsi pada hari ini, Selasa (25/7).

“Hari ini juga KPK sudah kita minta monitoring dan gandeng. Bahkan, dari Mabes Polri kita berkoordinasi dengan Satgas Pencegahan Anti-Korupsi. Pak Kapolri [Jenderal Listyo Sigit Prabowo] baru saja menugaskan pak Ambarita Damanik sebagai tenaga ahli bidang pencegahan korupsi di Kemenpora,” ujar Dito.

Putra dari Direktur Utama PT Aneka Tambang (Persero)/Antam Tbk periode 2017-2019 Arie Prabowo Ariotedjo itu menjelaskan langkah tersebut sebagai bentuk komitmen kementeriannya memerangi korupsi.

“Jadi, ini langkah-langkah komitmen saya untuk memastikan pengelolaan di Kemenpora. Insyaallah selalu diselamatkan dan dijauhkan dari praktik korupsi dan malaadministrasi,” terang Dito.

“Sebenarnya bukan hanya KPK yang kita gandeng, dari awal saya duduk itu kita bahkan semua proses saat itu persiapan Sea Games, Para Games, Fifa World Cup itu ada pendampingan juga dari BPKP dan juga Kejaksaan. Kejaksaannya melalui Jamintel, itu pun dari sebelum saya diperiksa Kejaksaan, jadi tidak ada hubungannya,” tutur Dito.

Ambarita Damanik merupakan penyidik senior KPK. Ia bertugas di bidang penindakan korupsi dari tahun 2005 hingga 2021. Berdasarkan informasi dari mantan penyidik KPK Yudi Purnomo, Damanik sempat dipercaya menangani kasus-kasus besar.

Seperti Bank Century, proyek e-KTP, kasus-kasus korupsi di BUMN, hingga Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang melibatkan aparat penegak hukum, eksekutif hingga legislatif. Publik mengenal Damanik ketika memimpin penangkapan terhadap mantan Ketua DPR RI Setya Novanto dalam kasus e-KTP dan juga Samin Tan yang menjadi DPO KPK.

“Pilihan Menpora menjadikan A. Damanik sebagai Tenaga Ahli merupakan pilihan yang tepat. Bukan hanya karena karakternya yang berintegritas, tetapi juga telah berpengalaman dan menunjukkan kinerja profesional,” ucap Yudi.

(Bayu)

Tinggalkan Balasan