Embung Jangkar Sindang Destinasi Wisata Desa Yang Sedang Mempercantik Diri

Embung Jangkar Sindang Destinasi Wisata Desa Yang Sedang Mempercantik Diri

Indramayu, LINews – Pariwisata Desa semakin menjadi sorotan utama dalam pengembangan ekonomi lokal Indonesia. Desa – desa yang kaya akan budaya, alam, dan kearifan lokalnya menawarkan potensi besar untuk menarik wisatawan.

Ditengah dinamika ini, Pemerintah Desa Sindang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu berkomitmen untuk mengembangkan pariwisata desa dengan memanfaatkan potensi alam dan Embung yang dimiliki.

Salah satu destinasi utama yang menjadi fokus pengembangan adalah Embung Jangkar yang ada diblok kalen kaji Desa Sindang.
Embung Jangkar menawarkan pesona alam pesawahan yang memikat dengan suasana embung dan saung terpungnya serta adanya joglo (saung) tempat bersantai dan kumpul – kumpul atau makan sambil lesehan sembari menikmati udara segar yang menyejukan.

Upaya Pemerintah Desa Sindang dalam pengembangan Embung Jangkar tidak hanya berfokus pada aspek pariwisata semata, namun juga pada pemeliharaan lingkungan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar.

Salah satu langkah kongkret yang diambil oleh Pemerintahan Desa Sindang adalah pengembangan fasilitas pendukung pariwisata, seperti pembangunan akses jalan yang memadai dan area palkir yang bersih dan teratur, termasuk program reboisasi dan penanaman buah – buahan serta pohon yang rindang dan ada juga tempat pemandian kolam buat anak – anak.

Upaya pengembangan wisata desa Embung Jangkar tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah Desa semata, namun melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk Lembaga Desa, dan masyarakat terkait. Kolaborasi ini menjadi kunci dan memastikan keberlanjutan pengembangan pariwisata desa ,serta pemerataan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Dengan upaya yang terus menerus dan kolaborasi yang kokoh, Pemerintah Desa Sindang optimis dapat mengembangkan potensi pariwisata desanya secara berkelanjutan.

Selain meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat lokal, pengembangan pariwisata desa juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian alam serta mempererat tali persaudaraan antar warga desa dan wisatawan.

Kepala Desa Sindang yang biasa dipanggil (kuwu Encang) mengatakan “Semoga dengan dibangunnya Embung Jangkar ini, bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Sindang dan sekitarnya” Ujarnya.

Lanjutnya “Semoga Embung Jangkar ini, dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat Desa Sindang,” Imbuhnya.

(Wari)

Tinggalkan Balasan