Erick Thohir: Tumbuhkan Pariwisata hingga Investasi Daerah

Erick Thohir: Tumbuhkan Pariwisata hingga Investasi Daerah

JAKARTA, LINews – Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) di Sumedang, Jawa Barat, baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menteri BUMN Erick Thohir pun menilai peresmian ini bisa menumbuhkan pariwisata hingga investasi daerah.

Menurut Erick pengoperasian Tol Cisumdawu akan mendorong peningkatan investasi di Jawa Barat. Bahkan, jalur transportasi massal ini juga mendukung pengembangan perdagangan dan pariwisata di kawasan tersebut.

“Alhamdulillah, Tol Cisumdawu siang tadi telah diresmikan Presiden Jokowi. Tak hanya membentang sebagai simpul vital yang menghubungkan masyarakat, pembangunan tol ini akan membuka pintu bagi pertumbuhan pariwisata, perdagangan, dan investasi di daerah sekitar,” katanya di akun Instagramnya, Selasa (11/7/2023).

Adapun, Tol Cisumdawu menghubungkan kota Bandung melalui Tol Cipularang ke Tol Cipali. Dengan panjang mencapai 61,7 kilometer (km), tok ini akan menjadi akses utama menuju Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.

Pembangunan Tol Cisumdawu dimulai pada 2011 lalu. Presiden Jokowi menuturkan ada keterlambatan lantaran pembebasan lahan, sehingga Tol Cisumdawu baru bisa diresmikan hari ini.

Pembangunan tol Cisumdawu sepanjang 61,6 kilometer juga menghabiskan anggaran senilai Rp18,3 triliun yang mana sumber pembangunannya berasal dari APBN sebesar Rp9,07 triliun, sisanya dari KPBU dan swasta,

“Supaya kita semuanya tahu jalan tol Cisumdawu ini sudah dimulai dibangun itu tahun 2011. Artinya sudah 12 tahun. Memang banyak problem di lapangan utamanya urusan pembebasan lahan pembebasan tanah,” ujar dia.

Menariknya lagi, dalam Tol Cisumdawu terdapat dua terowongan kembar (twin tunnel) dengan panjang mencapai 472 meter.

“Ini di seluruh Indonesia tidak ada jalan tol yang melewati dua terowongan seperti yang kita lihat pagi hari ini,” kata Jokowi.

(Red)

Tinggalkan Balasan