Fakta Ruang Ketua DPRD DKI Digeledah KPK

Fakta Ruang Ketua DPRD DKI Digeledah KPK

Jakarta, LINews – KPK menggeledah ruang kerja anggota DPRD DKI Jakarta. Penggeledahan ini terkait dengan penyidikan kasus korupsi pengadaan tanah di Pulogebang, Jakarta Timur.

Penggeledahan dilakukan penyidik KPK pada Selasa malam (17/1) sekitar pukul 15.30 WIB. Penggeledahan selesai sekitar pukul 20.56 WIB.

Usai penggeledahan, terlihat para penyidik membawa sejumlah koper. Saat penggeledahan berlangsung, lampu lobi gedung DPRD DKI Jakarta dimatikan.

LINews merangkum fakta atas penggeledahan ini. Simak sebagai berikut:

1. Geledah Ruang Kerja M Taufik

Salah satu yang digeledah KPK ialah ruang kerja anggota DPRD DKI M Taufik. Informasi penggeledahan penyidik KPK di ruang kerja M Taufik dibenarkan oleh sumber detikcom di kalangan internal KPK.

“Salah satu (yang digeledah ruang kerja M Taufik),” kata sumber di KPK via pesan tertulis, Selasa (17/1).

“Tunggu update-nya besok ya,” tambahnya.

2. Gerindra Minta Usut Tuntas

Ketua Majelis Kehormatan Partai Gerindra Habiburokhman angkat bicara perihal penggeledahan KPK di ruang kerja anggota DPRD DKI Jakarta M Taufik terkait kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Pulogebang, Jakarta Timur. Habiburokhman menegaskan M Taufik sudah bukan lagi kader Gerindra.

“M Taufik bukan lagi kader Gerindra karena sudah mengundurkan diri dan diberhentikan. Saat ini kami sedang dalam memproses PAW yang bersangkutan,” kata Habiburokhman kepada wartawan, Rabu (18/1).

Habiburokhman menyebut, sebagai wakil rakyat dari Jakarta Timur, dia menghormati dan mendukung kerja KPK dalam memberantas korupsi, termasuk kasus korupsi pengadaan tanah di Pulogebang.

“Kasus korupsi ini benar-benar sangat memprihatinkan karena lahan yang diadakan sejatinya diperuntukkan buat pembangunan rumah DP nol persen untuk rakyat ekonomi lemah yang sangat membutuhkan hunian. Ini kasus kedua setelah KPK membongkar kasus tanah Munjul yang juga berlokasi di Jakarta Timur,” ucapnya.

3. Ruang Ketua DPRD DKI Juga Digeledah

KPK menggeledah ruang kerja anggota DPRD DKI Jakarta M Taufik terkait kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Pulogebang kemarin. Selain ruangan M Taufik, KPK juga menggeledah ruang kerja Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi.

“Betul,” ujar sumber, Rabu (18/1).

Belum diketahui detail apa saja yang didapat KPK dari penggeledahan tersebut. KPK menyatakan update terkait penggeledahan segera disampaikan.

4. Ruang Kerja M Taufik Sudah Kosong

KPK menggeledah ruang kerja anggota DPRD DKI Jakarta M Taufik terkait kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Pulogebang, Jakarta Timur. Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Nur Hasan mengatakan ruangan M Taufik di fraksinya telah lama kosong dan tak ditempati.

“Ruangan tersebut kosong, tidak ditempati,” kata Hasan saat dihubungi, Rabu (18/1).

Meski begitu, Nur Hasan tak mengetahui ruangan apa saja yang digeledah penyidik KPK selain ruang kerja M Taufik. Dia hanya menekankan M Taufik sudah lama tak berkantor di DPRD DKI setelah mengajukan surat pengunduran diri.

5. Rugikan Ratusan Miliar

KPK melakukan penyidikan terkait kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di Pulo Gebang, Jakarta Timur. KPK mengatakan kerugian dari perkara itu diperkirakan mencapai ratusan miliar rupiah.

“Memang diduga bisa mencapai ratusan miliar terkait dugaan perkara yang tengah dilakukan proses penyidikan oleh KPK saat ini,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (18/1).

Ali mengatakan KPK telah menetapkan tersangka dalam kasus ini. Namun Ali enggan membeberkan identitas tersangka tersebut.

“Kami pastikan saat proses penyidikan ini cukup kami akan umumkan siapa saja yang ditetapkan tersangka, termasuk konstruksinya dan kerugian keuangan negaranya berapa,” tutur Ali.

6. Kemungkinan Periksa Prasetio Edi

KPK menggeledah ruang kerja Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi terkait kasus korupsi pengadaan lahan di Pulogebang, Jakarta Timur. Lalu, apakah Prasetio Edi akan diperiksa terkait kasus tersebut?

“Jadi pemeriksaan seorang saksi tentu nanti tim penyidik akan mempertimbangkan banyak hal. Pertama apakah seseorang dipanggil saksi itu penting dan dia dapat menerangkan pengetahuannya. Ada begitu ya untuk menerangkan rangkaian dugaan perbuatan dari para tersangka,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (18/1). Hal itu disampaikan Ali saat menanggapi soal kemungkinan Prasetio diperiksa KPK.

7. Hasil Geledah

Tim penyidik KPK menggeledah ruang kerja di kantor DPRD DKI Jakarta. Ada enam ruangan yang digeledah.

“Setidaknya ada enam ruangan yang dilakukan penggeledahan di antaranya ruang kerja di lantai 10, 8, 6, 4, 2 dan staf Komisi C DPRD DKI Jakarta,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (18/1).

Penggeledahan dilakukan pada Selasa (17/1) malam. Penggeledahan terkait kasus korupsi pengadaan lahan di Pulogebang, Jakarta Timur.

Ali mengatakan sejumlah barang bukti ditemukan tim penyidik KPK terkait penggeledahan tersebut. Bukti-bukti itu mulai dokumen hingga alat bukti elektronik.

“Dari penggeledahan ini tim penyidik menemukan berbagai dokumen dan alat bukti elektronik yang di antaranya diduga terkait proses pembahasan dan persetujuan penyertaan modal pada Perumda SJ di DPRD DKI Jakarta yang kemudian dipergunakan untuk pengadaan tanah di Pulogebang, Jakarta,” ucap Ali.

KPK, kata Ali, telah menemukan bukti awal adanya perbuatan pidana korupsi dalam pengadaan lahan di Pulogebang, Jakarta Timur.

“KPK sejauh ini telah menemukan bukti permulaan ada dugaan perbuatan melawan hukum, termasuk pihak yang dapat dipertanggungjawabkan sebagai tersangka,” tutur Ali.

(Ary)