Gelombang Tinggi Hantam Pantai Minajaya Sukabumi

Sukabumi, LINews – Sedikitnya 71 perahu hilang dan rusak terkena gelombang tinggi yang menerjang Pantai Minajaya RT 10/15, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Selasa (24/5/2022) dini hari. Beberapa perahu patah karena saling bertabrakan akibat hantaman gelombang tersebut.

Camat Surade, Chaerul Ichwan mengatakan, berdasarkan keterangan warga kejadian tersebut terjadi sekira pukul 04.15 WIB, pada saat itu salah satu warga bernama Yayat (58) mendengar suara gemuruh ombak yang sangat dahsyat.

“Pak Yayat sedang berada di depan rumahnya dan berencana akan melaksanakan salat Subuh ke masjid. Kemudian melihat ke arah tepi pesisir pantai yang terdengar suara gemuruh ombak. Tiba-tiba saja melihat segerombolan nelayan pulang dengan tergesa-gesa,” ujar Ichwan.

Melihat kejadian tersebut, lanjut Ichwan, kemudian saksi berlari menuju ke rumah tetangga, lalu memberikan kabar bencana gelombang tinggi, yang mengakibatkan sebagian armada perahu rusak berat dan rusak ringan.

“Melihat kejadian tersebut, sekitar pukul 05.00 WIB masyarakat dan warga yang ada di wilayah tersebut keluar dan berkumpul untuk membantu dan mengevakuasi korban dengan alat seadanya,” kata Ichwan.

Lebih lanjut Ichwan menerangkan, pada sebelum kejadian, keadaan wilayah di Pantai Minajaya dari sore hingga pukul 04.00 WIB dini hari, cuacanya hujan ringan.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Saat ini warga sedang menghitung jumlah perahu yang hilang dan rusak. Sebagian juga membantu evakuasi perahu-perahu yang mengalami kerusakan,” ucap Ichwan. (Asep)