Gerbang Tol Merak Mulai Dipadati Kendaraan Pemudik

Gerbang Tol Merak Mulai Dipadati Kendaraan Pemudik

CILEGON, LINews – Kendaraan pemudik mulai memadati gerbang Tol Jakarta-Merak, Banten Rabu (19/4/2023) dini hari. Antrean kendaraan mengular hingga 1 kilometer.

Berdasarkan pantauan iNews.id pukul 02.00 WIB hingga 02.40 WIB, kendaraan berpelat B atau Jakarta mulai menyerbu pintu keluar Gerbang Tol Jakarta-Merak. Kendaraan didominasi oleh mobil keluarga. Meski begitu, kendaraan masih dapat melaju dengan kecepatan 30 kilometer per jam.

Sementara untuk arus lalu lintas setelah pintu keluar Tol Jakarta-Merak terpantau ramai lancar. Ada pun beberapa pemudik terlihat beristirahat di kantor gerbang Tol Merak.

Salah seorang pemudik asal Jakarta yang hendak pulang ke Padang, Fajar mengungkapkan bahwa selama perjalan dari rumahnya sampai ke gerbang Jakarta Tol Tangerang-Merak tampak ramai lancar.

Akan tetapi ketika memasuki pintu keluar gerbang dia mengatakan ada perlambatan laju kendaraan. “Iya padet ketika mulai di ujung situ,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto menjelaskan, petugas telah melakukan delay sistem atau penahanan arus kendaraan dari wilayah Tangerang menuju Merak, Banten.

Penerapan penahanan arus kendaraan tersebut berada di rest area Km 43 dan Km 68 Tol Jakarta-Merak. Penahanan arus kendaraan ini ditujukan untuk mengurangi kemacetan di wilayah area Pelabuhan Merak.

“Kita sekarang sudah menerapkan delaying sistem ya, di KM 43 dan KM 68. Itu dilakukan untuk perlambatan arus. Arahanya supaya tidak dapat di pelabuhan Merak,” kata Rudy saat melakukan kunjungan ke Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Selasa (18/4/2023) malam.

(Jhon/Koresponden Liputan Khusus)

Tinggalkan Balasan