GT Kalikangkung Masih Ramai Pemudik Balik ke Jakarta

GT Kalikangkung Masih Ramai Pemudik Balik ke Jakarta

Semarang, LINews – Gerbang Tol (GT) Kalikangkung masih didominasi kendaraan pelat B menuju arah Jakarta di hari kedua masuk kerja atau berakhirnya cuti bersama. Sesekali, terlihat kendaraan harus antre untuk memasuki GT Kalikangkung.

Pantauan di GT Kalikangkung, Semarang, Rabu (17/4/2024) pukul 10.20 WIB, terlihat antrean di gardu tol menuju Jakarta hingga 100 meter. Kendaraan, masih didominasi mobil pribadi dengan pelat B atau Jakarta dan sekitarnya.

Terlihat juga petugas bersiaga jelang pintu tol untuk mengarahkan kendaraan ke gardu yang lebih lengang untuk mengurai antrean. Di beberapa gardu, petugas juga menyediakan gardu mobile agar antrean bisa berkurang.

Sedangkan untuk arah sebaliknya, jalur bisa dibilang lengang. Saat ini Jasamarga membuka 10 gardu tol menuju Jakarta dan 7 gardu untuk arah sebaliknya.

Mulai pukul 06.00 hingga pukul 10.00 WIB, tercatat ada 5.678 kendaraan dari arah Semarang menuju Jakarta. Sedangkan untuk arah sebaliknya, jauh lebih sedikit dengan 2.492 untuk waktu yang sama.

Di hari kedua masuk kerja ini, pos terpadu yang digelar di GT Kalikangkung juga terlihat sudah sepi dan mulai dibongkar. Sebab, operasi Ketupat Candi 2024 Polda Jateng telah dinyatakan berakhir pada Selasa (16/4) pukul 24.00 WIB.

Seperti diketahui, cuti bersama Lebaran berakhir pada 15 April kemarin. Meski begitu, sebagian ASN masih diperbolehkan WFH untuk 16-17 April untuk mengantisipasi penumpukan arus balik.

Hal itu disampaikan Menko PMK Muhadjir Effendy setelah membuka jalur one way dari Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung hingga Km 72 Tol Cipali. Ia mengimbau agar ASN tidak menyamai jadwal arus balik dengan non-ASN.

“Silakan ASN bisa menunda, tidak usah ikut sama non-ASN, jadi bisa berangkat pada hari Rabu dan Kamis,” kata Muhadjir di Tol Kalikangkung, Sabtu (13/4).

(Kus)

Tinggalkan Balasan