Imbas TPA Sarimukti Bandung Barat Kebakaran

Imbas TPA Sarimukti Bandung Barat Kebakaran

Bandung Barat, LINews – Pengelola TPA Sarimukti meminta empat daerah di Bandung Raya tidak membuang sampah terlebih dahulu hingga waktu yang belum ditentukan.

Pengelola TPA Sarimukti menutup pembuangan sampah dari empat daerah di Bandung Raya itu imbas dari kebakaran gunungan sampah yang terjadi sejak Sabtu (19/8/2023) malam.

Kepala UPTD Pengelolaan Sampah TPA/TPST Regional Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat Arief Perdana mengatakan, pemberhentian pembuangan sampah ke TPA Sarimukti berlaku mulai Selasa (22/8/2023).

“Jadi sementara tidak menerima dulu (pembuangan sampah). Nah mau menumpuk di TPS atau seperti apa, itu diserahkan ke masing-masing daerah. Pemberhentian mulai hari ini,” ujar Arief saat ditemui di TPA Sarimukti, Selasa (22/8/2023).

Penutupan TPA Sarimukti akibat kebakaran itu membuat truk yang berisi muatan dan sudah ada di jalan menuju TPA, terpaksa diparkir sampai pengelola membuka lagi pelayanan pembuangan sampah.

“Jadi truk yang ada di sini, ya sudah terparkir di jalan saja karena kan memang tidak bisa masuk membuang muatannya,” ujar Arief.

Arief mengatakan penutupan TPA Sarimukti untuk sementara waktu juga dengan pertimbangan keselamatan pekerja TPA hingga sopir truk pengangkut sampah.

“Pastinya ini untuk keselamatan pengemudi dan pekerja, bahkan pemulung. Sementara pembuangan dihentikan sampai kebakarannya bisa diatasi. Kalau berapa lama, kami belum bisa jawab,” ujar Arief.

Hidayat (23), sopir pengangkut truk sampah dari Cimahi mengaku, sudah semalaman menunggu agar truk bisa masuk ke area TPA guna membuang muatannya.

“Kemarin datang pagi, baru bisa turunin muatan jam 5 sore. Kalau sekarang katanya sudah nggak bisa buang, jadi ditutup sementara,” kata Hidayat.

(Riki)

Tinggalkan Balasan