Jelang KTT G20, Bandara Juanda Sediakan 17 Parking Stand

Jelang KTT G20, Bandara Juanda Sediakan 17 Parking Stand

Sidoarjo, LINews – Bandar Udara (Bandara) Internasional Juanda menyiapkan 17 parking stand untuk menyukseskan KTT G20 di Bali, 15-16 November 2022 mendatang. Belasan fasilitas itu disiapkan untuk penempatan parkir pesawat kepresidenan.

Selain parking stand, Bandara Juanda juga menambah waktu operasional bandara menjadi 24 jam.

Baca Juga: Persiapan KTT G20 di Bali, Luhut: TNI Polri Siap

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jafar menjelaskan, pihaknya akan memberikan dukungan penuh demi kelancaran pagelaran KTT G20 dengan memaksimalkan fasilitas dan SDM yang ada.

Alokasi sembilan parking stand disiapkan untuk tiga pesawat berbadan lebar (wide body), sementara sisanya diperuntukkan bagi pesawat berbadan sedang (narrow body). Selain itu, dukungan delapan parking stand juga disediakan di apron militer Lanudal Juanda.

Baca Juga: Penjor dan Bendera Negara Hiasi Jalan Protokol Bali

“Jadi total parking stand yang dialokasikan adalah sejumlah 17 parking stand, tiga untuk wide body dan 14 untuk narrow body. Kami dan seluruh stakeholder bandara telah berkomitmen memberikan pelayanan yang maksimal agar KTT G20 dapat berjalan dengan lancar,” kata Sisyani, Kamis (10/11/2022).

Sebelumnya pada awal Agustus 2022 lalu, tim dari Kemenko Marves telah melakukan survei ke Bandara Juanda untuk memastikan kesiapan dalam mendukung KTT G20 di Bali. Survei meliputi ketersediaan parking stand, kondisi landasan pacu (runway), personel pengamanan, serta fasilitas pemadam kebakaran (Airport Rescue and Fire Fighting).

Baca Juga: Jokowi Sebut Semua Kepala Negara Hadir di KTT G20

Berdasarkan data alokasi penempatan pesawat delegasi kepala negara yang dihimpun oleh Kementerian Luar Negeri per 4 November 2022, Bandara Juanda akan menjadi salah satu bandara kelolaan PT Angkasa Pura I yang menjadi lokasi parkir pesawat delegasi peserta KTT G20.

Sisyani menambahkan, kedatangan pesawat delegasi akan dimulai pada 14 November mendatang.

Baca Juga: HUT FKP-TNI Yang Ke 2 Gelar Bakti Sosial Bersihkan Pantai di Peringatan Hari Pahlawan

“Pesawat negara-negara peserta KTT G20 akan parkir di Bandar Udara Internasional Juanda, hingga saat ini kami terus berkoordinasi dengan instansi terkait,” ucap Sisyani.

Selain pengalokasian parking stand, Sisyani menyampaikan kesiapan lain berupa personel dan fasilitas penunjang yang mencukupi dalam menjamin pelayanan serta keamanan ketika pesawat parkir dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Sidang Perlawanan Atas Eksekusi Objek Di Pasteur Terus Bergulir Di PN Bandung

“Kami memiliki personel dan fasilitas pemadam kebakaran dengan kategori delapan yang mampu melayani hingga kategori sembilan, serta memiliki 919 personel yang siaga, di antaranya sebanyak 767 personel internal dan 152 personel eksternal (Satgaspam Lanudal Juanda). Semua akan kami maksimalkan demi kelancaran pelaksanaan event KTT G20,” ucap Sisyani.

Pada periode Event KTT G20, Sisyani menuturkan, akan terjadi beberapa penyesuaian operasional di Bandara Internasional Juanda.

Baca Juga: Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Manggarai Giat Pembukaan HAB ke-77 Tahun di Ruteng

“Yakni penambahan delapan jam operasional dari jam operasional saat ini selama 16 jam (mulai pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB), menjadi 24 jam selama KTT G20 berlangsung pada periode tanggal 12 hingga 18 November 2022,” katanya.

(WG)