Jembatan Pantai Baturkaras Ambruk

Jembatan Pantai Baturkaras Ambruk

Pangandaran, LINews – Sebuah jembatan pelabuhan nelayan di Pantai Batukaras Cijulang, Kabupaten Pangandaran, ambruk. Padahal, jembatan dengan anggaran miliaran rupiah itu baru saja selesai dibangun.

Pembangunan Jembatan Pelabuhan Nelayan Sanghiangkalang di Pantai Batukaras didanai APBD Provinsi Jawa Barat dengan nilai anggaran sekitar Rp1,15 miliar. Pembangunannya selesai pada Desember 2021 lalu dan belum digunakan.

Masyarakat nelayan pun menyoroti ambruknya jembatan tersebut, meski sebelumnya cukup mengapresiasi adanya pembangunan tersebut. Karena konsep awalnya jelas untuk menunjang usaha nelayan. Namun sayang, belum sempat dipakai jembatan sudah lebih dulu ambruk.

“Beban di atasnya cukup berat ditambah terjangan ombak besar, sedangkan tiang pancang keci.Jadinya ya begini ambruk,” kata Kusmawan, mantan Rukun Nelayan Pangandaran, Sabtu (26/3/2022).

Dia sangat menyayangkan dengan ambruknya jembatan nelayan ini yang dinilainya akibat perencanaan kurang matang.

Para nelayan pun sebelumnya sudah memprediksi jembatan tidak akan bertahan lama. Selain akibat terjangan ombak, teknis pekerjaan terkesan asal-asalan. Penempatan tiang pancang kurang dalam dan jarang-jarang. (Budi)