Jokowi Groundbreaking Lagi Sejumlah Proyek di IKN

Jokowi Groundbreaking Lagi Sejumlah Proyek di IKN

Bogor, LINews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan groundbreaking sejumlah proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) besok. Proyek tersebut meliputi swasta hingga pemerintah.

“Ya besok pagi ada groundbreaking beberapa dari swasta, juga dari lembaga dan pemerintah,” kata Jokowi di jembatan Otista, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/12/2023).

Jokowi berbicara pembangunan proyek di IKN yang kini mulai masif. Jokowi mengungkap banyaknya antrean groundbreaking yang sudah menunggu.

“Saya kira antusias untuk membangun fasilitas maupun di zona bisnis, di zona kesehatan, zona olahraga, saya kira terus menunjukkan di IKN dan setiap bulan akan saya… kalau ada yang ngantre, ada lagi, udah banyak,” ujarnya.

Jokowi mengatakan groundbreaking di IKN ini juga sekaligus memberikan semangat kepada para investor untuk segera memulai. “Ya kita groundbreaking untuk memberikan semangat kepada yang lain untuk segera memulai,” ujarnya.

Sebelumnya, mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mengungkap Jokowi akan melakukan groundbreaking 12 proyek di IKN. Ridwan Kamil mengatakan proyek yang akan di-groundbreaking meliputi hotel hingga apartemen.

“Ya persiapan rencana Bapak Presiden ke IKN. Kemungkinan Minggu depan. Karena ada 10-12 proyek yang akan groundbreaking lagi. Ini menandakan memang tahap sekarang itu sudah tahap membangun dan mayoritas datang dari investasi swasta dalam negeri yang antusias, kira-kira begitu,” kata Ridwan Kamil kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

“Ada hotel, ada bangunan-bangunan apartemen, hunian, saya kira semua berprogres. Jadi kalau dikatakan hanya proyek APBN, nggak juga ya. Justru mayoritas yang groundbreaking itu dana-dana investasi dari swasta. Menandakan keyakinan itu ada. Apalagi jalan tolnya juga berprogres, bandaranya juga lagi berprogres. Sehingga suatu hari orang bisa ke IKN lewat bandara,” lanjut Ridwan Kamil yang ditunjuk sebagai kurator IKN oleh Jokowi.

(Donald)

Tinggalkan Balasan