Jokowi Ibaratkan ASEAN Keluarga Harmonis-Kompak

Jokowi Ibaratkan ASEAN Keluarga Harmonis-Kompak

Jakarta, LINews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan ASEAN Business and Investment Summit (ABIS) 2023. Dalam sambutannya, Jokowi berbicara bahwa ASEAN ibarat keluarga yang harmonis.

Peresmian ini digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023). Hadir dalam peresmian ini Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menlu Retno Marsudi, Seskab Pramono Anung, hingga Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid.

“Pepatah Indonesia mengatakan tetangga itu ibarat saudara dekat, lebih utama tetangga yang dekat daripada saudara yang jauh. Saya rasa pepatah ini sangat, sangat relevan untuk ASEAN yang 56 tahun yang lalu telah mengikrarkan kekeluargaannya dengan family name ASEAN,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, sebagai keluarga, menurutnya, ASEAN merupakan keluarga yang harmonis. Pun keluarga yang telah membuktikan diri sebagai kawasan damai dan stabil.

“Sebagai keluarga, menurut saya, ASEAN ini termasuk kategori keluarga yang harmonis. Masuk kategori keluarga yang kompak dan termasuk kategori keluarga yang berprestasi. ASEAN telah membuktikan diri sebagai kawasan yang damai sebagai kawasan yang stabil. Sebagai kawasan yang tumbuh sejahtera,” pungkas dia.

(Vhe)

Tinggalkan Balasan