Jokowi Ingatkan Kepala Daerah soal Politik Identitas Jelang Pemilu 2024

Jokowi Ingatkan Kepala Daerah soal Politik Identitas Jelang Pemilu 2024

JAKARTA, LINews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada kepala daerah serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk sering-sering turun ke lapangan meminimalisasi kerusuhan menjelang Pemilu 2024. Menurutnya, ada beberapa wilayah yang rawan.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam arahannya pada Rakornas Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah se-Indonesia, di Bogor, Selasa (17/1/2023).

“Tahun ini sudah masuk ke tahun politik, harus memiliki sensitivitas dan sering turun ke lapangan. Sehingga kejadian-kejadian kecil bisa segera diredakan,” kata Jokowi dalam arahannya, Selasa (17/1/2023).

Jokowi memerintahkan agar situasi menjelang pemilu 2024 agar kondusif. Agar masyarakat, katanya, tidak menjadi korban politik.

“Saya minta betul-betul saudara-saudara bisa menjaga situasi kondusif. Menjaga agar masyarakat kita tidak menjadi korban politik, namanya politik identitas,” kata Jokowi.

Dirinya juga mengingatkan kepada TNI dan Polri agar tidak berpolitik praktis. Serta, lebih mengutamakan untuk memetakan potensi kerawanan.

“Perlu saya ingatkan TNI dan Polri tidak berpolitik praktis. Petakan yang namanya potensi kerawanan, jangan pas kejadian baru kita pontang-panting sibuk ke sana ke sini. Salah siapa ini salah siapa ini,” tuturnya.

(Robi)