Jokowi Minta Anggaran Belanja Alutsista Digunakan dengan Bijak

Jokowi Minta Anggaran Belanja Alutsista Digunakan dengan Bijak

Jakarta, LINews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta anggaran belanja alutsista digunakan dengan bijak. Sebab anggaran belanja alutsista sangat terbatas.

“Untuk urusan alutsista memang modernisasi alutsista sangat diperlukan. Tapi keuangan negara, anggaran negara, APBN kita sangat terbatas dan untuk kebutuhan kesejahteraan rakyat sangatlah besar. Sehingga belanja alutsista harus dilakukan bijak, baik caranya maupun peruntukannya,” kata Jokowi dalam amanatnya sebagai Inspektur Upacara pada HUT ke-78 TNI yang dilaksanakan di Monas, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Jokowi menekankan modernisasi alutsista harus menjadi bagian penting pengembangan investasi pertahanan dalam negeri.

“Modernisasi alutsista harus menjadi bagian penting dari pengembangan investasi industri pertahanan dalam negeri. Sehingga harus didorong transfer teknologi, harus didorong peningkatan SDM, dan harus diutamakan produk dalam negeri,” kata Jokowi.

“Terkait dengan ini saya minta agar anggaran yang dimiliki karena sulit dalam mengumpulkannya, sulit dalam mendapatkannya, dan merupakan uang dari rakyat. Sehingga sebisa mungkin harus dibelanjakan dan harus diputar kembali untuk rakyat,” tambahnya.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan dunia saat ini sedang menghadapi krisis pangan akibat perubahan iklim dan terganggunya rantai pasok dunia. Dia mengungkapkan ada 22 negara yang sudah melakukan pembatasan dan menghentikan ekspor pangan.

“Oleh sebab itu, saya minta seluruh anggota TNI punya naluri terkait ini, punya kesadaran dan kepekaan terkait ini karena urusan pangan adalah urusan perut, sangat penting dan penentu stabilitas bangsa,” tandasnya.

(Donald)

Tinggalkan Balasan