Jokowi Minta Kolaborasi Pemerintah-Parlemen ASEAN Diperkuat

Jokowi Minta Kolaborasi Pemerintah-Parlemen ASEAN Diperkuat

Labuan Bajo, LINews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pertemuan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dalam rangkaian KTT ke-42 ASEAN. Jokowi meminta kolaborasi pemerintah dan parlemen di negara ASEAN diperkuat.

Hal itu diungkap Jokowi seperti dilihat dalam tayangan langsung di Sekretariat Presiden, Rabu (10/5/2023). Adapun pertemuan itu digelar di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jokowi awalnya berterima kasih atas dukungan yang diberikan parlemen ASEAN, sehingga negara ASEAN mampu melewati masa kritis.

“Yang Mulia para pemimpin ASEAN, Yang Mulia presiden ke-44 AIPA, yang mulia para ketua parlemen anggota AIPA. Saya ingin menyampaikan terima kasih atas dukungan parlemen di ASEAN sehingga kebijakan di masa darurat pandemi dapat dilakukan dengan cepat dan ASEAN dapat melewati masa kritis,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan peran parlemen ASEAN ini dibutuhkan untuk menyusun agenda ASEAN 2045. Jokowi ingin ASEAN lebih tanggap dan yakin menghadapi tantangan sehingga bisa menjadi pusat pertumbuhan dunia.

“Dalam jangka panjang, peran parlemen juga sangat dibutuhkan untuk menyusun agenda ASEAN tahun 2045, kita harus memastikan ASEAN mampu lebih tanggap dan resilience menghadapi tantangan, sehingga menjadi pusat pertumbuhan dan menjadi kawasan yang aman stabil dan demokratis,” ucapnya.

Jokowi lantas meminta kolaborasi pemerintah dan parlemen di negara ASEAN diperkuat. Hal itu untuk memperkokoh stabilitas politik dan demokrasi demi terwujudnya pusat pertumbuhan dunia.

“Kolaborasi pemerintah dan parlemen harus diperkuat untuk menjaga dan memperkokoh stabilitas politik dan demokrasi guna menjamin ASEAN menjadi epicentrum of growth,” ujarnya.

Seperti diketahui, Jokowi memimpin 5 pertemuan di KTT ASEAN hari ini. Selain Pembukaan KTT ASEAN dan AIPA, tiga pertemuan lain yakni Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), dan Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV).

(Donald)

Tinggalkan Balasan