Jokowi Tiba di Monas Jadi Inspektur HUT ke-79 TNI

Jokowi Tiba di Monas Jadi Inspektur HUT ke-79 TNI

Jakarta, LINews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani cucunya Jan Ethes menghadiri HUT ke-79 TNI yang digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Jokowi diagendakan akan menjadi inspektur upacara dalam HUT TNI.

Pantauan di monas, Sabtu (5/10/2024) Jokowi tiba di Monas pada pukul 07.32 WIB. Terlihat ia ditemani Jan Ethes yang mengenakan ransel berwarna biru muda, serta ditemani Iriana.

Jokowi tampak mengenakan setelan jas rapi. Saat tiba, ia disambut Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Lalu juga disambut oleh Presiden dan Wapres Terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Hadir juga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dan jajaran menteri lainnya.

Hadir juga di lokasi tiga kepala matra TNI. Mulai dari KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana Muhammad Ali dan KSAU Marsekal Tonny Harjono.

Sebagai informasi, HUT TNI dirayakan di Monas, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 5 Oktober 2024. Tahun ini, puncak perayaan dipusatkan di Monas, Jakarta, dengan serangkaian acara, dari parade militer, defile alutsista, terjun payung, hingga fly pass.

Sebanyak lebih dari 100 ribu personel TNI dan alutsista dari tiga matra (AD, AL, AU) akan berpartisipasi menampilkan kemampuan dan kesiapan TNI dalam menjaga kedaulatan negara.

TNI mengundang masyarakat untuk menonton langsung perayaan HUT tersebut. Panglima TNI Agus Subiyanto pun berharap para prajurit semakin profesional lewat kesejahteraan, pelatihan hingga perlengkapan yang baik.

“Saya mengacu kepada visi misi saya PRIMA. Jadi prajurit yang profesional, tentunya kalau prajurit profesional harus well paid jadi harus mendapat kesejahteraan yang baik, well trained latihan yang baik, well equiped untuk diperlengkapi yang baik sehingga prajurit itu akan profesional,” kata Agus di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (4/10).

Agus berharap sikap prajurit TNI juga semakin baik. Dia mengatakan para pimpinan di satuan TNI telah memberikan penyuluhan hukum dan HAM agar prajurit semakin baik.

“Kita harapkan tingkah laku prajurit semakin baik, karena diperlengkapi dengan baik, dilatih dengan baik, Dansat memberikan penyuluhan tentang hukum, tentang HAM kaya gitu,” ujarnya.

“Dan membentuk organisasi-organisasi yang tadinya tidak ada supaya untuk kebaikan organisasi di intern TNI,” imbuh dia.

(Bayu)

Tinggalkan Balasan