Jusuf Hamka Ikut Jokowi Resmikan Tol Cisumdawu

Jusuf Hamka Ikut Jokowi Resmikan Tol Cisumdawu

Jakarta, LINews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) pagi ini. Direktur Utama PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Jusuf Hamka hadir dalam peresmian itu.

Dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jusuf Hamka tampak berdiri bersama jajaran Jokowi, seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hingga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Selain Jusuf Hamka dan tiga menteri Jokowi, ada juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam peresmian tersebut. Sebagai informasi, Tol Cisumdawu dikelola oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) milik Jusuf Hamka.

“Pada hari ini Jalan Tol Cisumdawu sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Cisumdawu,” kata Jokowi, di Tol Cisumdawu, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023).

Jokowi mengatakan pembangunan jalan tol ini memakan waktu hingga 12 tahun. Hal itu lantaran pembangunan jalan tol itu terkendala pembebasan lahan.

“Jalan tol ini menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang, ke Tol Cipali. Dan supaya kita semuanya tahu Jalan Tol Cisumdawu ini sudah dimulai dibangun itu tahun 2011. Artinya sudah 12 tahun,” kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, jalan tol sepanjang 61,6 km ini menghabiskan anggaran Rp 18,3 triliun. Separuh dari anggaran itu menggunakan APBN.

“Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 km ini menghabiskan anggaran Rp 18,3 triliun rupiah, yang dari pemerintah Rp 9,07 triliun, sisanya dari KPBU dari swasta,” kata Jokowi.

(Donald)

Tinggalkan Balasan