Kades Sukasari Menyalurkan BLT DD 

Kades Sukasari Menyalurkan BLT DD 

Kab. Bandung, LINews – Kepala Desa Sukasari Kecamatan Pamengpeuk Kabupaten Bandung, Erwan Setiawan mengunjungi sejumlah warga masyarakat penerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD), jum’at (02/06).

Kedatangan Erwan ke beberapa tempat di wilayah Desa Sukasari tersebut patut mendapat acungan jempol. Pasalnya, Kades sukasari itu mengantarkan langsung BLT DD pada penerima bantuan yang sedang dalam kondisi sakit.

Ditemui awak media, Erwan mengatakan bahwa selain mengantarkan BLT DD tersebut, sekaligus ingin memastikan keadaan warganya yang sedang sakit. Sebab, sebagai Kepala Desa dirinya memiliki kewajiban untuk mengetahui seluruh kondisi masyarakatnya dari hal yang terkecil.

Sementara, sambung Erwan, pengalokasian BLT DD sebelumnya telah diserahkan pada semua KPM beberapa hari ke belakang di kantor desa.

“Warga Sukasari penerima BLT DD yang sedang sakit, ada 6 orang salah satunya Pak Cucu, “ sebut Erwan setelah menyerahkan BLT DD pada Cucu Suherman dikediamannya di Kp. Waas RT 4 RW 01.

Menurut Erwan, Desa Sukasari tahun 2023 ini mengalokasikan dana desa untuk BLT sebesar 25% dari pagu yang diterima dan dibagikan pada 58 KPM yang besarnya perbulan Rp.300ribu.

“Tahap pertama ini, KPM mendapat Rp.900 ribu,” Ujarnya.

Kepala Desa yang sudah dua periode menjabat di Desa Sukasari ini juga menjelaskan bahwa pengalokasian BLT DD tahun 2023 berbeda dengan tahun 2022 lalu.

“Kalau tahun sebelumnya, Pemerintah Desa harus mengalokasikan dana desa sebesar 40% untuk BLT DD, tapi di tahun 2023 ini, sesuai aturan dari pemerintah pusat kebutuhan BLT Desa minimal 10% dan maksimal 25% dari pagu Dana Desa,” Jelas Erwan.

Bicara soal kemiskinan dampak Pandemi Covid-19, Erwan mengaku bahwa pihaknya terus berupaya nenekan kemiskinan ekstrim dengan berbagai upaya. Salah satunya, dengan padat karya dan mendorong semua potensi UMKM di wilayah Desa Sukasari.

Cucu Suherman, merasa terharu didatangi Kades Sukasari yang telah sudi datang kerumahnya sambil mengantarkan bantuan langsung tunai tersebut. Ia pun mengucapkan terimakasih pada kepala desa.

Laki laki paruh baya itu pun merasa bersyukur telah mendapatkan bantuan tersebut karena dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari hari.

Usai menyerahkan BLT DD pada Cucu Suherman, Kades Sukasari menyambangi warga lainnya yang berhak menerima bantuan tersebut.

Kedatangan Kepala Desa yang dikenal sangat dekat dengan masyarak itu disambut gembira oleh warga lainnya. Bahkan, di salah satu rumah warga, kades disuguhi masakan nasi liwet sambil bercengkrama penuh kekeluargaan.

(Arus)

Tinggalkan Balasan