Kapolda Bali Cek Arus Mudik di Pelabuhan Padangbai

Kapolda Bali Cek Arus Mudik di Pelabuhan Padangbai

Bali, LINews – Kapolda Bali  Irjen Putu Jayan Danu Putra meninjau kesiapan Pelabuhan Padangbai di Karangasem menghadapi arus mudik  Lebaran. Arus mudik di pelabuhan tersebut diperkirakan mencapai puncaknya pada H-3

“Kami cek Padangbai karena menghubungkan Bali dengan Pulau Lombok yang menjadi tujuan mudik,” kata Putu Jayan, Selasa kemarin (26/4/2022).

Hasil pengecekan, Pelabuhan Padangbai dinilai telah siap melayani arus mudik yang diperkirakan akan mencapai puncaknya pada H-3 Hari Raya Idul Fitri.

Menurut Putu Jayan, pengalaman Pelabuhan Padangbai saat penyelenggaraan MotoGP di Mandalika Lombok beberapa waktu lalu menjadi hal penting dalam pengelolaan pelabuhan.

Saat itu Pelabuhan Padangbai bisa menyesuaikan waktu bongkar muat kapal. Ketika terjadi lonjakan penumpang dan kendaraan, waktu bongkar muat bisa dipercepat menjadi hanya 30 menit.

“Melihat situasi dan pengalaman saat MotoGP Mandalika, Lebaran ini akan diterapkan kembali untuk mudik,” katanya.

Arus mudik di Pelabuhan Padangbai didukung oleh 22 kapal. Tiap kapal bisa berjalan 13 rit dalam sehari. Untuk mengantisipasi antrean kendaraan, telah disiapkan kantong-kantong parkir di tiga lokasi yakni Kusamba, Goa Lawah, dan Yeh Malet. (Nian)