Kapolri Sebut Masih Ada 211 Ribu Pemudik Bakal Melintas Via Tol Japek

Jakarta, LINews – Arus lalu lintas pemudik tiga hari menjelang Lebaran semakin meningkat. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan masih ada ratusan ribu kendaraan yang diprediksi melintas ke arah Jawa melalui Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

“Terkait di wilayah Jakarta yang akan mengarah ke Jateng dan Jatim khususnya pantauan kita di Km 70 (Tol Japek) terpantau mulai dari tadi malam dan tadi pagi terjadi peningkatan terhadap masyarakat yang akan melaksanakan mudik,” kata Jenderal Sigit kepada wartawan, Jumat (29/4/2022).

Sigit mengatakan pada Kamis (28/4) malam mulai pukul 24.00 WIB tercatat ada 5 ribu kendaraan yang melintas di Tol Japek dalam setiap jamnya. Angka itu melonjak pada pagi hari tadi.

“Jadi dari angka rata-rata malam jam 24 itu arus sudah mulai 5 ribu terus sampai kemudian pagi tadi mencapai 8 ribu per jam,” ujarnya.

Dari data yang dimiliki Kepolisian ada 211.809 ribu orang yang akan mudik melalui Tol Japek. Hingga pada Kamis (28/4) malam tadi, ada 84 ribu yang tercatat melalui gerbang tol Km 70.

“Artinya masih ada 211 ribu orang atau 211 ribu pemudik yang akan melintas sehingga mau tidak mau kita perlu melakukan rekayasa kembali yang tadinya one way kita buka sampai jam 24.00 WIB kemungkinan akan kita geser disesuaikan dengan jumlah pemudik yang masih ada sisa 211 ribu,” ucapnya.

Saat ini, polisi masih menerapkan kebijakan one way dan ganjil genap. Kebijakan itu diterapkan mulai dari Km 70 Tol Japek hingga Km 414 Tol Kalikangkung. (RN)