Kejagung Usut Korupsi Pengelolaan Emas Antam

Kejagung Usut Korupsi Pengelolaan Emas Antam

Jakarta, LINews – Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam proses pengusutan dugaan kasus korupsi pada pengelolaan kegiatan usaha komoditi emas periode 2010-2022. Pengusutan atas kasus yang berlangsung selama 10 tahun ini mulanya masuk tahap penyelidikan hingga akhirnya pada awal Mei ini dinaikkan statusnya ke tahap penyidikan.

Belum jelas siapa pihak yang terlibat dalam kasus korupsi ini, apakah terkait BUMN atau di level kementerian yang melibatkan swasta. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Ketut Sumedana menuturkan status penyidikan telah diproses oleh tim Jaksa Penyelidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus).

“Berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor: Prin-14/F.2/Fd.2/05/2023 tanggal 10 Mei 2023,” kata Ketut dalam keterangannya, dikutip Sabtu (13/5/2023).

Ketut menjelaskan bahwa tim penyidik mengawali kegiatan penanganan perkara dengan melakukan penggeledahan di beberapa tempat. Ia menyebutkan beberapa korporasi yang terlibat. “Yaitu Pulogadung, Pondok Gede, Cinere, Depok, Pondok Aren, Tangerang Selatan, dan Surabaya yaitu PT UBS di Tambaksari dan PT IGS di Genteng,”

Dari hasil penggeledahan, Ketut membeberkan bahwa penyidik berhasil menyita beberapa dokumen penting serta barang bukti elektronik yang diduga berkaitan dengan perkara dimaksud.

Berdasarkan penelusuran Law-justice, PT UBS ini singkatan dari korporasi yang bernama Untung Bersama Sejahtera yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Mereka adalah salah satu produsen perhiasan terbesar di Indonesia yang telah beroperasi lebih dari 41 tahun. Dalam bisnis produk olah emas, korporasi ini bersaing dengan BUMN, PT Aneka Tambang atau Antam.

Sedangkan, PT IGS singkatan dari Indah Golde Signature yang merupakan perusahaan perdagangan logam mulia dan produk emas batangan. Korporasi yang berbasis di Surabaya ini juga sudah beroperasi sejak medio 90-an. Senada, korporasi ini juga menjadi pesaing Antam di bursa pasar perdagangan emas.

(Lukman)

Tinggalkan Balasan