Kemendikbudristek Serahkan Beasiswa KIP-K kepada 1.430 Mahasiswa UNG

Kemendikbudristek Serahkan Beasiswa KIP-K kepada 1.430 Mahasiswa UNG

Gorontalo, LINews – Bantuan beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) diserahkan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kepada 1.430 mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Sementara pendaftar mencapai 2.300 mahasiswa.

“KIP-K ini untuk mahasiswa miskin dan berprestasi, sehingga mahasiswa dituntut untuk bisa berprestasi di kampus baik dalam hal akademik maupun nonakademik yang dapat menjadi bekal menyongsong masa depan yang lebih baik,” kata Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek, Abdul Kahar di Gorontalo, Kamis (3/11/2022).

Mahasiswa penerima KIP-K akan memperoleh berbagai kemudahan yang diberikan pemerintah, yakni bantuan uang kuliah tunggal setiap semester maupun bantuan biaya hidup setiap bulan.

Baca Juga: 22 Mobil Dinas Masih Dikuasai Pensiunan

Ia berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan perkuliahan.

“KIP-K merupakan kesempatan besar untuk mengubah nasib dan mengangkat harkat martabat orang tua. Terlebih persaingan untuk memperoleh beasiswa ini sangat ketat, dengan jumlah kuota penerima yang terbatas setiap tahun,” katanya.

Baca Juga: Polda Metro-TNI Dalami Mobil Sport Pakai Pelat RFD Bodong

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNG Mohamad Amir Arham mengatakan pendaftar beasiswa KIP-K di UNG mencapai 2.300 mahasiswa, sedangkan kuota yang diberikan hanya 1.430 mahasiswa.

Dengan terbatasnya kuota tersebut, UNG menerapkan kebijakan afirmasi dalam membantu pemerintah daerah khususnya di Provinsi Gorontalo, salah satunya memprioritaskan daerah dengan nilai IPM yang masih rendah.

“Nilai IPM untuk daerah di Provinsi Gorontalo menjadi dasar kita untuk melakukan intervensi, sehingga mahasiswa miskin dan berprestasi dari daerah yang memiliki IPM rendah menjadi prioritas untuk menerima beasiswa KIP-K,” kata Amir.

(KH)